Menu

Antifa Adalah? Pengertian Definisi

Antifa adalah singkatan dari Antifaschistische Aktion, merupakan nama dari sebuah kelompok yang mengusung gerakan anti-fasisme. Kelompok ini berkembang di Jerman pada masa Hitler dan Partai Nazi mulai menggeliat, atau pada masa perang Dunia II. Kelompok ini secara konsisten melakukan perlawan kepada partai Nazi yang semakin kuat pengaruhnya pada tahun 1930-an dan berhasil meraih dukungan sebanyak 37% pada tahun 1932.

antifa adalah
ANTIFA

Antifa merupakan kelompok bentukan Partai KPD (Partai Komunis Jerman), sebuah organisasi tempat bernaung para pekerja yang mendapat tindakan opresi dari Nazi. Antifa sengaja dibentuk untuk melakukan revolusi sosialistik, sekaligus melawan dan memusnahkan Fasisme. Antifa tercatat sering melakukan demonstrasi dengan sasaran SA (Sturmabteilung), sebuah organisasi paramiliter bentukan Nazi di masa Hitler.

Pada tahun 1933, partai Nazi melenggang mulus tanpa perlawanan ke tampuk kekuasaan, dan menandai kegagalan dari KPD dan SPD (Partai Sosialis Jerman) dalam menghadang gelombang fasisme. Dua partai tersebut sama-sama berbasis pekerja. Dua organisasi beraliran kiri tersebut tak mampu menghadang fasisme yang diusung oleh Nazi. Mereka dinyatakan kalah dengan sangat memalukan karena tanpa perlawanan.

Belajar dari pengalaman tersebut, dua organisasi tadi kemudian bersatu setelah Nazisme berkuasa. Di bawah bendera Antifa, kedua kubu dari kelompok komunis dan sosial demokrat bersatu menjadi oposisi fasisme. Nilai-nilai sosialisme terus digulirkan, walaupun berusaha dibungkam tradisi dan nilainya di bawah kekuasaan Nazi. Antifa tetap bertahan dengan ideologinya setelah Perang Dunia II. Kelompok ini tetap konsisten dengan perlawanannya terhadap Fasisme, dan berhasil menjadi inspirasi bagi kelompok anti-fasisme di luar Jerman.

Antifa di Era Modern

Pada tanggal 3 September 2017, Amerika Serikat melalui Kepolisian dan Badan Keamanan Khusus FBI menetapkan Antifa sebagai organisasi terlarang dengan status “Domestik Teroris”. Mereka menetapkan status tersebut setelah mengkaji dan mencermati berbagai peristiwa anarkisme dan kekerasan yang dilakukan oleh Antifa di Amerika Serikat.

Donald Trump dan pendukung loyalnya adalah musuh terbesar kelompok Antifa di Amerika Serikat. Donald Trump dan kelompok pendukungnya harus disingkirkan karena dianggap berlebihan dalam meluapkan rasa nasionalismenya. Partai Demokrat AS, sebagai partai oposisi Donald Trump mendukung penuh gerakan Antifa tersebut. Antifa dan Partai Demokrat AS memiliki hubungan yang erat dengan Antifa melalui jaringan bawah tanah.

Bagaimanapun juga, Antifa telah dilarang hidup di Amerika Serikat. Kelompok ini dianggap bertanggung jawab terhadap aksi kekerasan dan anarkisme yang terjadi di Amerika Serikat. Semua aksi tersebut ditujukan kepada pemerintah Donald Trump dan pengikut setianya. Itulah sebabnya FBI bergerak cepat untuk mengeluarkan larangan terhadap organisasi ini.

Demikianlah uraian tentang Antifa, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *