Menu

Pengertian Kemiskinan, Penyebab Dan Dampaknya Bagi Masyarakat

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan sosial yang perlu memiliki perhatian lebih. Masalah ini bisa dikatakan sebagai masalah medasar dan menjadi perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah untuk diatasi. Diberbagai Negara manapun, isu-isu semacam ini menjadi perhatian seperti ketersediaan kebutuhan pokok yang menjadi isu strategis untuk menjatuhkan sebuah pemerintahan suatu Negara. Untuk itu, permasalahan ini cukup penting untuk perhatikan. Lalu, apakah yang dimaksud dengan kemiskinan? Pengertian kemiskinan ini sendiri secara etimologis berasal dai kata miskin yang berarti tidak berharta benda dan serba kekurangan. Adapun menurut para ahli, definisi kemiskinan adalah sebuah kondisi dimana kemampuan kehidupan seseorang ataupun kelompok masyarakat hidup dibawah garis yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini adalah mengenai ekonomi.

Dengan kata lain, Pengertian kemiskinan merupakan suatu bentuk dari kegagalan perkembangan ekonomi oleh pemerintah. Hal itu disebabkan karena tingkat kesejahteraan masyarakat ditentukan oleh dua hal yang terkait dengan pemerintah yaitu market failure dan political failure. Untuk market failure, hal ini bisa terjadi apabila sebagian dari kelompok miskin yang bekerja mendapatkan upah kerja dibawah standard kebutuhan layak untuk mencukupi kebutuhan pokok meliputi sandang, pangan, pendidikan dan kesehatan. Adapun pada political failure, hal ini bisa saja terjadi secara terulang layaknya sebuah siklus daur hidup kehidupan dimana system politik yang ada dan kebijakan yang dijalankan menyebabkan distorsi dalam permasalahan kemiskinan.

pengertian kemiskinan
pengertian kemiskinan

Beberapa sebab terjadinya kemiskinan disuatu negara

Kemiskinan sendiri tentu tidak terjadi semata-mata langsung terjadi pada masyarakat. Setidaknya ada beberapa penyebabnya yang menjadikan seseorang ataupun kelompok menjadi miskin dalam suatu Negara. Secara umum, beberapa penyebab kemiskinan ini terjadi karena beberapa hal sebagai berikut.

1.    Tingkat kependidikan yang rendah

Rendahnya kualitas penduduk dalam suatu daerah ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya kemiskinan. Tingkat pendidikan dan pengetahuan tenaga kerja sangat penting untuk mempengaruhi jenis pekerjaan sehingga orang yang tingkat pendidikannya rendah mereka cenderung susah mendapatkan pekerjaan dan bekerja sebagai kuli dikota-kota besar. Untuk mendapatkan pekerjaan dikota-kota besar setidaknya bisa membaca dan menulis.

2.    Laju pertumbuhan penduduk

Tidak hanya tingkat pendidikan saja yang bisa menyebabkan kemiskinan, laju pertumbuhan penduduk juga bisa menyebabkan terjadinya kemiskinan dalam suatu Negara. Di Indonesia sendiri, dalam 10 tahun terakhir menurut hasil sensus penduduk jumlahnya semakin meningkat. Meningkatnya jumlah penduduk membuat jumlah penduduk yang bekerja tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang ada sehingga banyak penduduk yang menjadi pengangguran.

3.    Distribusi sumber daya yang tidak merata

Secara makro sendiri, kemiskinan juga muncul disebabkan karena adanya ketidaksamaan pola kepemilikan sumber daya. Sehingga akan menimbulkan distribusi pendapatan yang juga timpang. Penduduk miskin hanya memiliki jumlah yang terbatas dan kualitas rendah.

4.    Kurangnya perhatian dari pemerintah

Adapun penyebab terakhir disini disebabkan karena kurangnya perhatian dari pemerintah. Pemerintah yang kurang peka terhadap rakyatnya khususnya pada laju pertumbuhan masyarakat miskin bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kemiskinan. Dalam hal ini, pemerintah tidak mampu memutuskan kebijakan yang mampu mengendalikan tingkat kemiskinan dalam negaranya.

Jenis-jenis kemiskinan

Dilihat dari Pengertian kemiskinan, kemiskinan ternyata juga memiliki jenis-jenis dimana jenis ini bisa dibedakan berdasarkan keadaan ataupun penyebab dari kemiskinan mereka. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis kemiskinan yang bisa anda ketahui.

a.    Kemiskinan absolute

Jenis kemiskinan pertama adalah kemiskinan absolute. Kemiskinan ini secara statistic bisa diketahui/ ditentukan berdasarkan ketidak mampuan seseorang/ kelompok untuk mencukupi kebutuhan pokoknya, minimum adalah makanan, kesehatan, sandang, pendidikan dan tempat tinggal. Nilai kebutuhan minimum dasar ini biasanya dikenal sebagai garis kemiskinan. Garis kemiskinan ini sendiri biasanya diukur dari bentuk jumlah pendapatan yang dihasilkan dalam suatu periode sehingga apabila seseorang/ kelompok berada dibawah garis kemiskinan maka bisa dikategorikan miskin.

Perlu anda ketahui bahwa, garis kemiskinan absolute memiliki sifat tetap atau tidak berubah. Artinya, garis kemiskinan pada kemiskinan jenis ini bisa membandingkan kemiskinan secara umum dimana garis kemiskinan ini akan sangat penting apabila seseorang mencoba menilai efek dari kebijakan anti kemiskinan. Angka kemiskinan sendiri secara alamiah biasanya akan terbentuk untuk membandingkan antar satu dengan lainnya.

b.    Kemiskinan relative

Adapun jenis-jenis kemiskinan lainnya adalah kemiskinan relative. Pada jenis ini, kemiskinan bisa dipengaruhi oleh pakem suatu kebijakan pemerintahan khususnya dalam membangun perekonimian. Dalam hal ini, pemerintah pemerataan pembangunan ekonomi yang biasanya belum mencapai pada lapisan masyarakat tingkat bawah sehingga hal tersebut akan berdampak pada gradasi kesejahteraan yang terlihat sangat mencolok.

Dampak dari kemiskinan

Pengertian kemiskinan memang cukup rumit sehingga memberikan dampak buruk. Kemiskinan sendiri ternyata mampu memberikan akibat yang cukup buruk bagi kehidupan masyarakat dan bernegara sehingga permasalahan ini memang harus benar-benar diselesaikan dengan baik. Dengan kata lain, masalah ini tidak hanya buruk bagi pribadi seseorang akan tetapi juga akan menjadi beban suatu masyarakat, Negara dan dunia. Adapun beberapa dampak atau akibat dari kemiskinan ini sendiri bisa kita lihat sebagai berikut/

1.    kriminalitas

Kriminalitas yang terjadi disekitar kita ternyata bisa ditimbulkan/ disebabkan karena kondisi kemiskinan. Hal itu dilakukan karena mereka kesulitan mencari nafkah sehingga mereka akan lupa diri untuk memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, mereka biasanya akan melakukan tindakan-tindakan kriminal seperti mencopet, jambret, mencuri, perampokan dan segala tindakan kriminalitas lain.

2.    pengangguran

Dampak lainnya adalah pengangguran. Ketrampilan merupakan suatu hal yang cukup sulit didapatkan oleh masyarakat. Oleh karenanya, jika ada seeorang/ kelompok yang kurang kreatif mereka akan jatuh pada pengangguran. Terlebih apabila tingkat pendidikan mereka cukup rendah maka mereka akan sulit bekerja sehingga terjadilah pengangguran. Mereka yang pengangguran akan sangat sulit membeli kebutuhan hidup mereka sehingga hal ini perlu diperhatikan oleh pemerintah.

3.    Kesehatan

Kemiskinan akan membuat seseorang mengkonsumsi makanan, minuman dan bertempat tinggal dimanapun tanpa menghiraukan kesehatan. Nutrisi dan gizi yang tidak tercukupi karena ketidakmampuan seseorang membeli sesuatu membuat mereka tidak memperhatikan kesehatan mereka. Oleh karena itu, tidak sedikit orang/ kelompok miskin mengalami permasalahan kesehatan yang cukup memprihatinkan. Kebanyakan mereka kurang gizi dan banyak penyakit yang menyerang.

4.    buruknya generasi penerus

Adapun dampak terakhir adalah menghasilkan generasi penerus yang buruk dan sangat berbahaya. Hal ini timbul apabila ada anak-anak yang putus sekolah karena kemiskinan dan bekerja karena terpaksa maka yang terjadi adalah anak-anak tersebut akan mengalami gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa fisik, mental, dan cara fikir mereka. Hal ini bisa dilihat dari anak-anak jalanan yang tersebar dibeberapa tempat umum.

Solusi mengatasi kemiskinan

Setelah mengetahui secara jelas mengenai Pengertian kemiskinan, maka solusi mengatasi masalah ini pun perlu diketahui agar kedepannya angka kemiskinan bisa berkurang. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sosial satu ini adalah dengan meningkatkan fasilitas jalan dan listrik yang ada dipedesaan hingga melakukan perbaikan tingkat kesehatan melalui fasilitas sanitasi yang baik. Memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu hingga pelarangan impor untuk kebutuhan pokok seperti beras, jagung dan usaha-usaha kecil lainnya tentu bisa mengurangi angka kemiskinan sedikit demi sedikit.

Deskrispi: Pengertian kemiskinan merupakan kondisi seseorang/ kelompok yang tidak berharta karena beberapa sebab meliputi pendidikan, pengangguran, hingga kondisi kesehatan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *