Pengertian Piramida Makanan

Pengertian Piramida Makanan – Piramida makanan adalah bentuk piramida yang menggambarkan jumlah massa zat dan energi dari produsen sampai konsumen tertinggi dalam suatu ekosistem. Piramida makanan ditentukan berdasarkan pemahaman bahwa pada saat terjadi peristiwa makan-memakan pada suatu makhluk hidup, terjadi pula perpindahan zat dan energi dan makhluk hidup yang dimakan ke dalam makhluk hidup pemakannya. Jumlah zat dan energi yang berpindah tidak sebesar makhluk hidup yang dimakan. Akibatnya, susunan massa zat dan jumlah energi yang dimiliki oleh produsen hingga konsumen tertinggi membentuk pola piramida. Semakin ke atas, massa zat dan jumlah energi menjadi semakin sedikit.
Pengertian Piramida Makanan
Pengertian Piramida Makanan
Secara umum, pada puncak piramida makanan hanya ditemukan satu jenis makhluk hidup. Akan tetapi, kadang-kadang ditemukan pula beberapa jenis makhluk hidup di puncak piramida makanan. Hal itu disebabkan makhluk hidup di puncak piramida makanan tidak saling memakan karena kebutuhan makanannya sudah tercukupi.

Piramida makanan bermanfaat untuk memprediksi (memperkirakan) terjadinya keseimbangan populasi dalam suatu ekosistem. Keseimbangan populasi dalam suatu ekosistem menentukan baik atau tidaknya susunan piramida makanan. Oleh karena itu, untuk menjamin terciptanya keseimbangan ekosistem senantiasa harus diupayakan jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat I. Demikian pula dengan konsumen tingkat I, jumlahnya harus lebih banyak dari jumlah konsumen tingkat II.
Sekian uraian tentang Pengertian Piramida Makanan, semoga bermanfaat. 
Loading...
Pengertian Piramida Makanan | FAJAR ASHAR | 4.5
error: Content is protected !!