Menu

WHO: Pengertian dan Tujuan WHO

WHO: Pengertian dan Tujuan WHO | WHO adalah singkatan dari kepanjangan World Health Organization. Organisasi WHO didirikan pada tanggal 7 April 1948 dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Tugasnya adalah melakukan koordinasi kegiatan dalam hal peningkatan kesehatan masyarakat di berbagai belahan dunia. WHO terdiri dari Lembaga Perwakilan (The World Health Assembly) dan Badan Eksekutif (Executive Board). Lembaga perwakilan beranggotakan 193 negara dan bersidang setiap bulan Maret untuk merumuskan keputusan-keputusan penting WHO. Melalui lembaga ini pula para delegasi anggota WHO menentukan siapa yang menjadi Direktur Jenderal, merencanakan anggaran organisasi, dan membahas laporan Badan Eksekutif WHO.
WHO: Pengertian dan Tujuan WHO
WHO (World Health Organization)
Badan Eksekutif WHO terdiri dari 34 orang yang dipilih setiap tiga tahun sekali. Mereka terdiri dan orang-orang yang memiliki keahilan khusus dalam bidang kesehatan. Para pakar yang tergabung dalam badan ini bersidang setiap bulan Januari dan Mei. Sidang pada bulan Januari menghasilkan keputusan-keputusan penting untuk disampaikan kepada Lembaga Perwakilan sebagai bahan perumusan kebijakan dan resolusi WHO.

Contoh peran WHO adalah pelaksanaan Africa Health Infoway yang dilaksanakan pada tahun 2009. Program mi merupakan jaringan berbasis teknologi informasi untuk mendukung pembangunan kesehatan di 53 negara Afrika. Dukungan itu berupa penyediaan data bagi para pekerja, pengelola kesehatan, dan para pengambil keputusan dalam bidang kesehatan.

Tujuan WHO

Tujuan WHO adalah mencapai kesehatan maksimal bagi seluruh rakyat di dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut, WHO aktif melakukan tugas-tugas berikut ini:
  • Bertugas menanggulangi kesehatan dengan cara membantu melakukan pembatasan terhadap penyakit-penyakit menular
  • Memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara yang membutuhkan
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan ibu dan anak
  • Mendorong dan membantu pelaksanaan penelitian-penelitian dalam bidang kesehatan.
Sekian uraian tentang WHO: Pengertian dan Tujuan WHO, semoga bermanfaat. 
Referensi:
  • Suhardi. 2010. Serba Tahu Tentang Dunia. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *