Menu

UNDP: Pengertian, Tujuan, Kepanjangan UNDP

UNDP: Pengertian, Tujuan, Kepanjangan UNDP | Apa itu UNDP? UNDP adalah singkatan dari kepanjangan United Nations Development Programs. Organisasi UNDP dibentuk pada tahun l965 dan merupakan penggabungan dua organisasi yang sudah ada sebelumnya (Program Bantuan Teknis PBB dan Program Dana Khusus PBB). UNDP merupakan organisasi paling besar di antara organisasi-organisasi khusus PBB dan perannya paling penting bagi negara berkembang. Pusat kegiatannya di New York City, Amerika Serikat. Anggotanya sebanyak 165 negara dan di dalamnya terdapat negara dan lembaga donor, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Belanda, Norwegia, Swedia, Uni Eropa, dan Komisi Eropa.
UNDP: Pengertian, Tujuan, Kepanjangan UNDP
UNDP (United Nations Development Program)

Tujuan UNDP

UNDP didirikan dengan tujuan untuk memberikan bantuan, terutama untuk meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang. Bantuan itu berupa tenaga ahli, penasihat, pelatihan, dan perlengkapan pembangunan. Kegiatan-kegiatan yang ditangani UNDP meliputi:
  • Penanggulangan kemiskinan.
  • Membantu negara miskin dan berkembang untuk bangkit dan keterpurukan.
  • Perluasan penggunaan energi dan keseimbangan lingkungan.
  • Penanggulangan HIV/AIDS.
Sebagai contoh, UNDP telah membantu Kamboja, salah satu negara termiskin di dunia, untuk bangkit sedikit demi sedikit membangun ekonominya. Bantuan UNDP terhadap Kamboja adalah dalam bidang pengentasan kemiskinan, penegakan pemerintahan yang demokratis, dan pemanfaatan energi yang ramah lingkungan.
Sekian uraian tentang UNDP: Pengertian, Tujuan, Kepanjangan UNDP, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *