Menu

Pengertian URL: Apa itu URL?

Pengertian URL: Apa itu URL? | URL adalah singkatan dari Universal Resource Locator. Dalam pengertian sederhana, URL adalah adalah alamat sebuah file atau situs yang dapat diakses di internet. URL mempunyai bentuk protokol://komputer/direktori/nama file halaman web. Protokol memberitahu browser metode transfer yang digunakan untuk mengambil halaman web tersebut. Beberapa protokol yang sering digunakan adalah http (hypertext transfer protocol), ftp (file transfer protocol), news (protokol yang digunakan untuk kelompok diskusi), dan gopher (protokol transfer alternatif). Bagian kedua dan URL (setelah://) memberitahu web browser nama komputer server web, folder di mana file halaman web dapat ditemukan, dan nama file halaman web. 
Pengertian URL: Apa itu URL?
Pengertian URL: Apa itu URL?
Secara umum diperlukan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu yaitu
  • Protokol: Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi. Bagian URL yang menunjukan protokol misalnya http:// atau https://.
  • Alamat server: alamat server adalah tempat dimana sumber daya tersebut terletak misalnya www.pengertianahli.com
  • Path file: path file adalah fungsi yang menunjukan lokasi dan nama dokumen atau program dalam server tersebut, misalnya: kb/deskapp/ppt/q2015.HTML. Dimana kb/deskapp/ppt adalah lokasi file dan q2015.HTML adalah nama file.
Sekian uraian tentang Pengertian URL: Apa itu URL?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *