Menu

Pengertian Chatting: Apa itu Chatting?

Pengertian Chatting: Apa itu Chatting? | Chatting adalah berbicara atau percakapan melalui tulisan. Dalam pengertian yang lain, chatting adalah percakapan dua orang atau lebih secara realtime melalui jaringan internet. Chatting adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh internet pada penggunanya untuk berkomunikasi langsung lewat percakapan. Cara chatting yang lebih umum dikenal adalah dengan cara mengetikkan pesan pada layar dan akan dibalas dengan bentuk pesan kembali, seperti cara mengirimkan SMS. Namun, chatting di internet tidak terbatas pada jumlah karakter sehingga pengguna dapat menulis pesan cukup panjang.
Pengertian Chatting: Apa itu Chatting?
Pengertian Chatting: Apa itu Chatting?
Dengan perkembangan program atau software yang ditawarkan saat ini, pengguna internet sudah dapat ber-chatting dengan berbicara dan mengirimkan gambar kepada teman chatting di tempat lain. Misalnya, teknologi Yahoo Messanger yang memberikan fasilitas chatting untuk saling bertatap muka melalui sebuah kamera kecil. Namun, kamera ini harus dimiliki oleh pengguna internet jika ingin memanfaatkan fasilitas tersebut. Jadi, saat ini pengguna internet dapat ber-chatting melalui tulisan, suara, atau bertatap muka. Yang harus diingat bahwa semua fasilitas bisa digunakan jika teman chatting juga memiliki fasilitas yang sama.

Selain Yahoo Messanger, fasilitas-fasilitas chatting lainnya yang populer digunakan saat ini, yaitu Blackberry Messanger (BBM) dan jejaring sosial facebook Untuk melakukan chatting melalui BBM, setiap pengguna harus menggunakan PIN yang menjadi identitas khusus. Sedangkan, untuk melakukan chatting di facebook, setiap pengguna berkomunikasi dengan menggunakan fasilitas obrolan yang ada disetiap akun pengguna facebook.
Sekian uraian tentang Pengertian Chatting: Apa itu Chatting?, semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Brilianto S, Ricky. 2008. Panduan Praktis Internet Plus. Jakarta: Puspa Swara.

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *