Menu

Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi

Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi | Proposisi adalah satu tutur atau pernyataan yang melukiskan beberapa keadaan yang belum tentu benar atau salah dalam bentuk sebuah kalimat berita. Proposisi adalah istilah yang dipergunakan dalam analisis logika. Keadaan dan peristiwa-peristiwa itu pada umumnya melibatkan pribadi atau orang yang dirujuk oleh ujaran dalam kalimat. Kebenaran sebuah proposisi berkorespondensi dengan fakta. Sebuah proposisi yang salah tidak berkorespondensi dengan fakta. Proposisi terdiri atas empat unsur, dua di antaranya merupakan materi pokok proposisi, sedangkan dua yang lain sebagai hal yang menyertainya. Empat unsur yang dimaksudkan adalah term sebagai subjek, term sebagai predikat, kopula, dan kuantor. 
Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi
Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi
Bentuk umum dan proposisi adalah sebagai berikut:
Kuantor + Subjek + Kopula + Predikat
Jenis-jenis proposisi secara sederhana dapat dibedakan atas empat macam, yaitu sebagai berikut:
  • Proposisi Universal Afirmatif: Proposisi universal afirmatif adalah pernyataan bersifat umum yang membenarkan adanya hubungan subjek dengan predikat, dirumuskan “semua S adalah P”.
  • Proposisi Universal Negatif: Proposisi universal negatif adalah pernyataan yang bersifat umum yang mengingkari adanya hubungan subjek dengan predikat. Dirumuskan “semua S bukan P”
  • Proposisi Partikular Afirmatif: Proposisi partikular afirmatif adalah pernyataan bersifat khusus yang membenarkan adanya hubungan subjek dengan predikat, dirumuskan “sebagian S adalah P”
  • Proposisi Partikular Negatif: Proposisi partikular negatif adalah pernyataan bersifat khusus yang mengingkari adanya hubungan subjek dengan predikat, dirumuskan “sebagian S bukan P”.
Sekian uraian tentang Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *