Menu

Pengertian Kota Menurut para Ahli

Pengertian Kota Menurut para Ahli | Kota adalah sebuah wilayah yang selalu sibuk dengan segala aktivitasnya. Kota selalu dipandang sebagai pusat pendidikan, pusat kegiatan ekonomi, dan pusat pemerintahan. Para ahli memandang kota berdasarkan keahliannya masing-masing sehingga memunculkan perbedaan pengertian tentang kota.
Berikut ini beberapa pengertian kota dari para ahli:
  • Menurut Bintaro: kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata sosial ekonomi yang heterogen dan coraknya yang materialistis.
  • Menurut Bintaro: Kota adalah bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan nonalami dengan gejala-gejala pemusatan penduduk yang cukup besar dengan corak kehidupan yang bersifat heterogen dan meterialistis dibandingkan dengan daerah belakangnya.
  • Menurut Max Weber: Suatu tempat dapat disebut kota Jika sebagian besar penduduknya telah mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dari pasar setempat (pasar lokal). Sementara itu. sebagian besar barang-barang yang terdapat di pasar tersebut juga dibuat di daerah setempat dan hanya sebagian kecil saja yang dibawa dari desa. Max Weber lebih menekankan bahwa ciri suatu kota yang paling utama adalah pasarnya.
  • Menurut Christaller: Kota merupakan pusat pelayanan yang berfungsi sebagai penyelenggara dan penyedia jasa-jasa bagi wilayah sekitarnya. Jadi, pada mulanya kota bukan merupakan permukiman, melainkan pusat pelayanan. Seberapa jauh kota menjadi pusat pelayanan bergantung pada seberapa jauh daerah-daerah di sekitarnya (desa) memanfaatkan Jasa kota.
  • Menurut Louis Wirth: Kota adalah permukiman yang relatif besar, padat, dan permanen dengan penduduk yang heterogen kedudukan sosialnya. Oleh karena itu, hubungan sosial antar penghuninya serba longgar, acuh. dan relasinya bukan pribadi (impersonal relations).
  • Menurut Harris dan Ullman: Kota merupakan pusat permukiman dan pemanfaatan bumi oleh manusla. Di tempat itu manusia unggul datarn mengeksploitasi bumi. Hal itu dibuktikan oleh pertumbuhan kota yang sangat pesat dan pernekaran secara terus-menerus.
  • Menurut Marx dan Engels: Kota adalah perserikatan yang dibentuk untuk melindungi hak milik dan untuk memperbanyak alat produksi guna mempertahankan diri dari para penduduknya.
  • Menurut Hofmeister: Kota adalah suatu pemusatan keruangan dari tempat tinggal dan tempat kerja manusia. pertumbuhannya sebagian besar disebabkan oleh pendatang. serta mampu melayani kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang letaknya jauh.
Sekian uraian tentang Pengertian Kota Menurut para Ahli, semoga bermanfaat. 

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *