Menu

Pengertian Investasi Menurut Ilmu Ekonomi

Pengertian Investasi – Apa itu investasiInvestasi dapat diartikan sebagai penanaman modal. Investasi memiliki peran penting dalam perekonomian baik dalam negeri maupun diluar negeri setiap tahunnya. Pelaku investasi dikatakan investor, investor inilah yang akan menanam modal berupa pemberian jaminan keamanan yang baik, upah buruh yang rendah dan lain-lain.
Investasi menurut ilmu ekonomi adalah pengeluaran penanam modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.
pengertian investasi
Pengertian investasi menurut ilmu ekonomi diatas ternyata membedakan pengertian investasi dalam kehidupan sehari-hari, semisal ada orang yang mempunyai uang lantas membeli saham di pasar modal, dalam pengertian investasi menurut ilmu ekonomi ternyata itu bukan investasi menurutnya.
Oleh karena itu, sudah jelas ketika kita membeli saham disaat harga saham murah dan menjualnya ketika harga saham naik, maka itu bukanlah dikatakan investasi.
Di dalam Ilmu ekonomi, investasi dapat dikategorikan sebagai berikut:
a. Ada pembelian jenis-jenis barang modal misalnya peralatan produksi dan mesin-mesin untuk membangun beragam jenis perusahaan dan industri. Mengapa demikian? contoh sederhananya, jika anda ingin membangun perusahaan ban mobil, maka anda harus membeli peralatan produksi dan mesin lainnya, membeli alatnya itulah dikatakan investasi.
b. Adanya pengeluaran untuk membangun tempat tinggal, pabrik dan bangunan kantor serta bangunan penunjang lainnya. Investasinya yaitu membangun pabriknya, agar pabrik bisa beroperasi dan menghasilkan modal lagi.
c. Adanya peningkatan nilai persediaan barang-barang yang masih belum terjual, di akhir tahun terjadi penghitungan pendapatan nasional terhadap bahan mentah dan barang yang masih dalam proses produksi.
Nah, jika ketiga diatas itu dijumlahkan maka diperoleh investasi bruto dimana investasi bruto itu meliputi investasi yang bertujuan untuk menambah hasil produksi dalam perekonomian dan berperan mengganti barang modal yang telah didepresiasikan.
Demikianlah perbincangan kita terkait pengertian investasi, mudah-mudahan ini bermanfaat bagi kita semua. Kedepan kita akan membahas tentang faktor yang menentukan tingkat investasi. Saya memohon maaf jika ada kesalahan kata dan penulisan. Sekian dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *