Menu

Pengertian Konduktor, Isolator, Semikonduktor

Pengertian Konduktor, Isolator, Semikonduktor | Konduktor adalah bahan yang dapat mengantarkan arus listrik dengan baik. Contoh bahan yang tergolong konduktor adalah logam, karbon, raksa, badan manusia, larutan elektrolit, dan tanah yang basah. Bumi merupakan pengantar listrik yang sangat besar. Demikian besarnya sehingga benda yang bermuatan listrik menjadi netral jika dihubungkan dengan bumi melalui konduktor. Kemampuan benda dan logam dalam mengantarkan arus listrik berbeda-beda. Logam yang paling baik mengantarkan arus listrik adalah perak dan tembaga.

Pengertian Konduktor, Isolator, Semikonduktor
Pengertian Konduktor, Isolator, Semikonduktor
Pengertian isolator adalah bahan yang tidak dapat mengantarkan arus listrik dengan baik. Bahan yang tergolong isolator adalah kaca,ebonite, marmer, karet, plastik, sutera, parafin, udara kering, porselin, dan sirlak. Isolator yang sempurna adalah hampa udara (vakum).

Pengertian semikonduktor adalah bahan yang dapat berfungsi sebagai isolator, tetapi pada kondisi tertentu dapat berfungsi sebagai konduktor. Udara sebenarnya merupakan isolator, tetapi dapat berubah menjadi konduktor jika terdapat beda potensial yang besar. Contohnya, ketika terjadi petir. Petir terjadi karena ada beda potensial yang besar antara lapisan-lapisan udara. Pada saat itu, terjadi konduksi listrik dalam udara, meskipun udara itu sendiri merupakan sebuah isolator. Bahan semikonduktor banyak digunakan untuk membuat komponen elektronik, misalnya transistor dan dioda. Pada komponen ini, semikonduktor mengantarkan arus listrik ke satu arah, sedangkan ke arah yang berlawanan menghambatnya. Contoh bahan semikonduktor adalah germanium dan silikon.

Sekian uraian tentang Pengertian Konduktor, Isolator, Semikonduktor, semoga bermanfaat.

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *