Menu

Pengertian Teropong: Apa itu Teropong?

Pengertian Teropong: Apa itu Teropong? | Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan jelas. Ada dua jenis teropong, yaitu teropong bias dan teropong pantul. Teropong bias terdiri atas beberapa lensa, sedangkan teropong pantul terdiri atas beberapa cermin dan lensa.  Dalam teropong bias, lensa objektif berfungsi membiaskan cahaya. Teropong bias terbagi lagi menjadi empat jenis, yaitu: teropong bintang atau teropong astronomi, teropong bumi, teropong prisma atau binokuler, dan teropong panggung atau teropong Galileo. Berikut ini penjelasan masing-masing jenis teropong bias tersebut:
  • Teropong Bintang: Teropong bintang terdiri atas dua lensa, yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler. Proses pembentukan bayangan pada teropong bintang. Benda-benda langit yang diamati letaknya sangat jauh sehingga berkas sinar yang menuju lensa objektif dianggap sejajar (paraksial). Oleh karena itu, lensa objektif membentuk bayangan nyata dan terbalik di titik fokus. Selanjutnya bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif ini berlaku sebagai benda untuk lensa okuler.
Pengertian Teropong: Apa itu Teropong?
Pengertian Teropong
  • Teropong Bumi: Teropong bumi atau teropong medan merupakan teropong yang digunakan urnuk melihat benda-benda jauh yang terletak di permukaan bumi. Secara prinsip, teropong bumi sama dengan teropong bintang, hanya diberi tambahan lensa pembalik yang berfungsi untuk membalik bayangan supaya tegak.
  • Teropong Prisma Binokuler: Dengan adanya lensa pembalik, teropong bumi menjadi bertambah panjang sehingga tidak praktis. Untuk mengatasi masalah ini, pembalikan bayangan dapat diatasi dengan prisma binokuler, yaitu sepasang prisma 45°-45°-90° yang diletakkan di antara lensa objektif dan lensa okuler. Bayangan dibalik melalui empat kali pemantulan total dari permukaan prisma-prisma.
  • Teropong Panggung ( Teropong Galileo): Untuk memperpendek teropong bumi, pembalikan bayangan dapat juga dilakukan dengan lensa cekung yang berfungsi sebagai lensa okuler. Alat optik semacam ini disebut teropong panggung atau teropong Galileo.
Teropong pantul digunakan karena lensa objektif pada teropong astronomi diganti dengan cermin cekung yang berfungsi sebagai pemantul cahaya. Teropong pantul astronomi terdiri atas satu cermin cekung, satu cermin datar yang diletakkan di dekat titik fokus cermin cekung, dan satu lensa cembung sebagai lensa okuler. Cermin cekung mengumpulkan berkas cahaya sejajar dari objek yang diamati. Sebelum berkas cahaya ini sampai di titik fokus cermin cekung, cahaya telah dipantulkan oleh cermin datar menuju lensa okuler.
Sekian uraian tentang Pengertian Teropong: Apa itu Teropong?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *