Menu

Pengertian Pubertas: Apa itu Pubertas?

Pengertian Pubertas: Apa itu Pubertas? | Pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa (masa remaja), ditandai dengan matangnya organ reproduksi. Pada masa ini juga terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental anak laki-laki dan perempuan. Perubahan ini disebabkan adanya perubahan hormon. Akibatnya, emosi seorang anak jadi tidak stabil, cepat marah, cepat tersinggung, melamun, pada saat yang lain gembira, tertawa, atau menangis. Pada masa pubertas, seorang anak juga sudah mulai tertarik dengan lawan jenis. Masa pubertas pada laki-laki dan perempuan tidak sama. Perempuan mengalami masa pubertas pada usia 8-13 tahun sedangkan laki-laki pada usia 10-15 tahun. Ada yang lebih dulu mengalami pubertas, ada yang lebih lambat. Pubertas dapat terlihat jelas pada kondisi fisik.

Pubertas Anak Laki-laki

Pada masa pubertas, anak laki-laki akan mengalami perubahan fisik primer dan sekunder. Perubahan primer adalah perubahan yang pasti akan dialami oleh laki-laki pada masa pubertas, berupa kesiapan testis untuk memproduksi sperma. Perubahan primer ini menyebabkan anak laki-laki akan mengalami mimpi basah. Mimpi basah merupakan peristiwa ejakulasi (keluarnya air mani) pada saat tidur, karena testis dan salurannya (uretra) terisi penuh sperma. Mimpi basah merupakan cara alami tubuh Penis mengeluarkan timbunan sperma yang terbentuk secara terus-menerus. Hal ini normal dialami oleh semua anak laki-laki menjelang dewasa, yang menandakan tubuhnya siap melakukan proses reproduksi. Artinya, ia sudah dapat membuahi sel telur perempuan yang telah matang dan menyebabkan kehamilan. Sedangkan, perubahan sekunder merupakan perubahan yang belum pasti akan dialami oleh laki-laki pada masa pubertas. Perubahan sekunder meliputi perubahan fisik seperti tercantum dalam tabel berikut ini:
Pengertian Pubertas laki laki
Perubahan sekunder pada Pubertas laki-laki
Pubertas Anak Perempuan 
Masa pubertas pada perempuan juga ditandai dengan perubahan saluran telur primer dan sekunder. Perubahan primer ditandai dengan menstruasi yang menandakan ovarium telah dapat menghasilkan sel telur. Proses menstruasi terjadi saat sel telur yang dihasilkan ovarium sudah matang dan memasuki rahim. Jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma, maka dalam beberapa hari sel telur akan mati. Sel telur yang mati tersebut akan luruh bersama penebalan yang terjadi pada dinding rahim dan dikeluarkan melalui vagina. Jika sel telur dibuahl oleh sel sperma maka sel telur akan berkembang dan tumbuh menjadi janin. Menstruasi pertama terjadi pada usia 10 sampai 14 tahun. Menstruasi biasanya berlangsung selama 3 sampai 7 hari, dan terjadi satu kali setiap 28-31 hari, tetapi periode ini tidak sama pada setiap perempuan. Pada awalnya menstruasi mungkin belum teratur, semakin lama akan semakin teratur. Sedangkan, perubahan sekunder merupakan perubahan pada fisik yang tampak dari luar. Perubahan yang terjadi pada anak perempuan antara lain ditunjukkan pada tabel berikut ini: 
pubertas perempuan
Perubahan sekunder Pubertas perempuan
Sekian uraian tentang Pengertian Pubertas: Apa itu Pubertas?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *