Menu

Pengertian Produk dan Jenis Produk

Pengertian Produk dan Jenis Produk | Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa hampir semua yang termasuk produksi adalah benda nyata yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Karena produk adalah benda ril, maka jenisnya cukup banyak. Secara garis besar jenis-jenis produk bisa kita perinci menjadi dua jenis, yaitu produk konsumsi dan produk industri. Produk konsumsi (consumer products) adalah barang yang dipergunakan oleh konsumen akhir atau rumah tangga dengan maksud tidak untuk dibisniskan atau dijual lagi. Barang-barang yang termasuk jenis produk konsumsi ini antara lain sebagai berikut:
    • Barang kebutuhan sehari-hari (convenience goods), yaitu barang yang umumnya sering kali dibeli, segera dan memerlukan usaha yang sangat kecil untuk memilikinya, misalnya barang kelontong, baterai, dan sebagainya.
    Pengertian Produk dan Jenis Produk
    Pengertian Produk
    • Barang belanja (shopping goods), yaitu barang yang dalam proses pembelian dibeli oleh konsumen dengan cara membandingkan berdasarkan kesesuaian mutu, harga, dan model, misalnya pakaian, sepatu, sabun, dan lain sebagainya.
    • Barang khusus (speaciality goods), yaitu barang yang memiliki ciri-ciri unik atau merk kas dimana kelompok konsumen berusaha untuk memiliki atau membelinya, misalnya mobil, kamera, dan lain sebagainya.
      Produk industri (business products), adalah barang yang akan menjadi begitu luas dipergunakan dalam program pengembangan pemasaran. Barang industri juga dapat dirinci lebih lanjut jenisnya antara lain sebagai berikut.
      • Bahan mentah, yaitu barang yang akan menjadi bahan baku secara fisik untuk memproduksi produk lain, seperti hasil hutan, gandum, dan lain sebagainya.
      • Bahan baku dan suku cadang pabrik, yaitu barang industri yang digunakan untuk suku cadang yang aktual bagi produk lain, misalnya mesin, pasir, dan lain sebagainya.
      • Perbekalan operasional, yaitu barang kebutuhan sehari-hari bagi sektor industri, misalnya alat-alat kantor, dan lain-lain.

      Sekian uraian tentang Pengertian Produk dan Jenis Produk, semoga bermanfaat.

      Referensi:

      • M. Tohar. 2000. Membuka Usaha Kecil. Kanisius: Yogyakarta.

      Comments 8

      • TELP. +6287884302987 / +6281380163185
        WE ARE CONSULTANT COMPANY AT JAKARTA-INDONESIA. AS OUR SERVICE IS :
        ISO 9001, TASK MAP BUSINESS PROCESS, ISO 13485, ISO 17025, ISO 16949, ISO 14000, ISO 18000, ISO 22000, SA 8000, ISO 27000, man Power Supply, ISO 29000, ISO 31000, ISO 50001, HSE, CSMS, SOP, HRD, SNI, RISET PASAR, ACCOUNTING , Feasibility Study, INHOUSE TRAINING, APPRAISAL ASSET, INTERNAL AUDIT, PRE-ASSESSMENT, GAP ANALYSIS, JOBS DISC, KPI, BSC, OHSAS/K3, GMP, HCCP, 5 S, ISO TS 16949, ISM CODE, Risk Management, AMDAL, ANALISA JABATAN, BPOM, MUI HALAL, HAK PATEN,UPL/UKL, PSIKOTES, SERTIFIKASI PERALATAN TELEKOMUNIKASI

      • TELP. +6287884302987 / +6281380163185
        WE ARE CONSULTANT COMPANY AT JAKARTA-INDONESIA. AS OUR SERVICE IS :
        ISO 9001, TASK MAP BUSINESS PROCESS, ISO 13485, ISO 17025, ISO 16949, ISO 14000, ISO 18000, ISO 22000, SA 8000, ISO 27000, man Power Supply, ISO 29000, ISO 31000, ISO 50001, HSE, CSMS, SOP, HRD, SNI, RISET PASAR, ACCOUNTING , Feasibility Study, INHOUSE TRAINING, APPRAISAL ASSET, INTERNAL AUDIT, PRE-ASSESSMENT, GAP ANALYSIS, JOBS DISC, KPI, BSC, OHSAS/K3, GMP, HCCP, 5 S, ISO TS 16949, ISM CODE, Risk Management, AMDAL, ANALISA JABATAN, BPOM, MUI HALAL, HAK PATEN,UPL/UKL, PSIKOTES, SERTIFIKASI PERALATAN TELEKOMUNIKASI

      • ISO 9001:2008
        Latar belakang
        Pada masa Era globalisasi ini, dimana banyak sekali bermunculan perusahaan-perusahaan baik dalam skala Nasional maupun Internasional , baik bidang industri maupun jasa. Perusahaan-perusahaan tersebut saling bersaing untuk memberikan mutu pelayanan yang terbaik. Untuk memberikan mutu yang terbaik maka perlu adanya standart yang mengontrol pelaksanaan manajemen mutu tersebut. Standart tersebut yang kita kenal dengan sebutan International Standard Organization (ISO) yang PENDEKATANNTA KEPADA pada SISTIM manajemen Mutu ISO 9001:2008
        ISO 9001:2008
        Sistem management Mutu itu diterbitkan pada tahun 1987, dan sudah mendapatkan revisi sebanyak 3 kali : tahun 1994: 2000 dan sekarang yang dipakai tahun 2008.
        Tujuan dari ISO 9001:2008 ini adalah untuk menjamin organisasi memberikan produk ( barang & jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
        Agar Sistem management Mutu ( SMM) bisa berjalan semertinya, maka perlu adanya konsep ( Konsep SMM) :
        1. Mengidentifikasi proses penting di semua bagian/fungsi
        2. Menstandarkan setiap proses :
        – Siapa melakukan apa
        – Dimana bukti/datanya
        Keuntungan penerapan SMM adalah terwujudnya kepuasan pelanggan, agar semua ini dapat terwujud maka perlu adanya :
        – Standar / Aturan SOP, instruksi kerja) terdokumentasi.
        – Kejelasan hubungan antar proses, proses lebih jelas dan adanya form.
        – Ketersediaan data setiap proses penting ( bukti, data alat/mesin(kondisi)
        – Identifikasi masalah dan tindak lanjutnya (penanganan dan perbaikan)
        – Kinerja perusahaan terukur.
        Untuk melaksanakan ini semua perlu adanya keterlibatan semua pihak secara bersinergi ( Top management, management, dan semua karyawan).
        Untuk melaksanakan ini semua perlu adanya :

        – STRUKTUR ORGANISASI ISO 9001:2008
        – TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TEAM ISO 9001:2008
        – PROSES SERTIFIKASI
        – Dan PEMELIHARAAN SMM

        Tahapan ini harus dijalankan secara baik dan berurutan sehingga, proses penerapan ISO 9001:2008 bisa berjalan dengan baik dan pelaksanaan sertifikasinya pun bisa terlaksana dan lulus sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

        Consultant dan integritas
        Any Company interesting Relationship , please call us now:

        Ali Pur MR
        PT. Sien Consultan
        http://goldenaway.blogspot.com
        http://strategiofbussiness.blogspot.com
        Head Office : Jl. Kyai Caringin No. 20A, Jakarta Pusat
        Telp. :+6221. 98567515 , +62813801631.85 / +6287884.302987
        Email : purbaali192@ymail.com
        Skype : haliamsah_purba

        OUR SERVISE AS SEACH AS: ISO 9001, ISO 22000, ISO 13485, ISO 17025, ISO 16949, ISO 18000, OHSAS, ISO 14000, ISO 27000, SOP, HRD, BSC, HR SCORE CARD , SDM, ISO 29000, ISO 31000, ISO 50001, INHOUSE TRAINING, PUBLIC TRAINING, PRIVATE training, JOBS DISC, RISET PASAR, SNI, BPOM, UPL/UKL, KPI, HCCP GMP, TQM, ISO TS 16949, ANALISA JABATAN, SPIN OFF, STUDI KELAYAKAN/FS, HSE, CSMS, K3,link, and many more

      • ISO 9001:2008
        Latar belakang
        Pada masa Era globalisasi ini, dimana banyak sekali bermunculan perusahaan-perusahaan baik dalam skala Nasional maupun Internasional , baik bidang industri maupun jasa. Perusahaan-perusahaan tersebut saling bersaing untuk memberikan mutu pelayanan yang terbaik. Untuk memberikan mutu yang terbaik maka perlu adanya standart yang mengontrol pelaksanaan manajemen mutu tersebut. Standart tersebut yang kita kenal dengan sebutan International Standard Organization (ISO) yang PENDEKATANNTA KEPADA pada SISTIM manajemen Mutu ISO 9001:2008
        ISO 9001:2008
        Sistem management Mutu itu diterbitkan pada tahun 1987, dan sudah mendapatkan revisi sebanyak 3 kali : tahun 1994: 2000 dan sekarang yang dipakai tahun 2008.
        Tujuan dari ISO 9001:2008 ini adalah untuk menjamin organisasi memberikan produk ( barang & jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
        Agar Sistem management Mutu ( SMM) bisa berjalan semertinya, maka perlu adanya konsep ( Konsep SMM) :
        1. Mengidentifikasi proses penting di semua bagian/fungsi
        2. Menstandarkan setiap proses :
        – Siapa melakukan apa
        – Dimana bukti/datanya
        Keuntungan penerapan SMM adalah terwujudnya kepuasan pelanggan, agar semua ini dapat terwujud maka perlu adanya :
        – Standar / Aturan SOP, instruksi kerja) terdokumentasi.
        – Kejelasan hubungan antar proses, proses lebih jelas dan adanya form.
        – Ketersediaan data setiap proses penting ( bukti, data alat/mesin(kondisi)
        – Identifikasi masalah dan tindak lanjutnya (penanganan dan perbaikan)
        – Kinerja perusahaan terukur.
        Untuk melaksanakan ini semua perlu adanya keterlibatan semua pihak secara bersinergi ( Top management, management, dan semua karyawan).
        Untuk melaksanakan ini semua perlu adanya :

        – STRUKTUR ORGANISASI ISO 9001:2008
        – TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TEAM ISO 9001:2008
        – PROSES SERTIFIKASI
        – Dan PEMELIHARAAN SMM

        Tahapan ini harus dijalankan secara baik dan berurutan sehingga, proses penerapan ISO 9001:2008 bisa berjalan dengan baik dan pelaksanaan sertifikasinya pun bisa terlaksana dan lulus sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

        Consultant dan integritas
        Any Company interesting Relationship , please call us now:

        Ali Pur MR
        PT. Sien Consultan
        http://goldenaway.blogspot.com
        http://strategiofbussiness.blogspot.com
        Head Office : Jl. Kyai Caringin No. 20A, Jakarta Pusat
        Telp. :+6221. 98567515 , +62813801631.85 / +6287884.302987
        Email : purbaali192@ymail.com
        Skype : haliamsah_purba

        OUR SERVISE AS SEACH AS: ISO 9001, ISO 22000, ISO 13485, ISO 17025, ISO 16949, ISO 18000, OHSAS, ISO 14000, ISO 27000, SOP, HRD, BSC, HR SCORE CARD , SDM, ISO 29000, ISO 31000, ISO 50001, INHOUSE TRAINING, PUBLIC TRAINING, PRIVATE training, JOBS DISC, RISET PASAR, SNI, BPOM, UPL/UKL, KPI, HCCP GMP, TQM, ISO TS 16949, ANALISA JABATAN, SPIN OFF, STUDI KELAYAKAN/FS, HSE, CSMS, K3,link, and many more

      • AHLI PENYUSUNAN DOKUMEN HSE lengkap I CSMS I HSE PLAN di Indonesia

        Please Call us at: +6221.92795135 I +621212814843

        Setiap kontractor di indonesia khususnya dalam bidang OIL and GAS, Harus memiliki kelengkapan dokumen HSE I CSMS I HSE Plan.
        Beberapa data pendukung dalam penyusunan dokumen CSMS I HSE I HSE Plan adalah:

        1. Surat Penunjukan Safety Officer (persyaratan utama : sudah training Ahli K3)
        2. Daftar Alat Pelindung Diri yang digunakan
        3. Daftar perlatan darurat yang dimliki : APAR, hydran, lampu emergency, kotak P3K, tandu, spill kit dll
        4. Daftar mesin, peralatan dll yang digunakan beserta SOP pengoperasian, jadwal & check list perawatannya
        • Genset, bolier, chiller, forklift, crane : sertifikasi peralatan, sertifikasi operator
        • Alat ukur : sertifikat kalibrasi
        5. Data pelatihan HSE yang sudah dilakukan atau diikuti :
        • Pelatihan internal : daftar hadir, materi pelatihan
        • Pelatihan eksternal : sertifikat pelatihan
        • Pelatihan tanggap darurat : simulasi evakuasi, pemadaman, penanganan tumpahan limbah, P3K

        6. Bukti pelaksanaan Medical Check Up
        7. Bukti keikutsertaan dalam Jamsostek atau program asuransi kesehatan lainnya
        8. Data induksi karyawan baru selama setahun terakhir : daftar hadir & materi induksi
        9. Daftar bahan kimia yang digunakan beserta MSDS nya
        10. Data limbah yang dihasilkan baik B3 maupun non B3
        11. Bukti penyerahan limbah B3 ke Pengelola resmi
        12. Data 3 proyek terakhir :
        • JSA / HIRA
        • Safety Talk / Tool box meeting : agenda, daftar hadir
        • APD : bukti serah terima, bukti inspeksi
        13. Daftar peraturan, standar dll baik asosiasi, lokal, nasional maupun internasional yang harus diikuti
        14. Daftar nama dan tanda tangan karyawan

        15. Bukti keanggotaan dalam asosiasi, organisasi dll terkait HSE
        16. Bukti penghargaan terkait HSE yang pernah diterima dari eksternal
        17. Buku saku HSE
        18. Bukti pengukuran kualitas lingkungan yang pernah dilakukan : kebisingan, ambien, penerangan, limbah cair dll (sesuai resiko HSE yang ada)
        19. Tanda tangan direktur utama karena hal ini menyangkut komitmen manajemen (harus)
        20. List nama proyek yang penah da sedang di kerjakan berikut photo-photonya (dokumentasi)
        21. Hasil Medical chek up karyawan (harus dilampirkan)

        Any Company interesting Relationship for develop csms, Hse, Ohsas, Hse Plan, please call us now:

        David Purba
        Head Office : epicentrumwalk office suite A-531
        Jl. Hr. rasuna said-kuningan-jakarta selatan
        Telp. :+6221. 9279 5135 , +6281212 814843

      • AHLI PENYUSUNAN DOKUMEN HSE lengkap I CSMS I HSE PLAN di Indonesia

        Please Call us at: +6221.92795135 I +621212814843

        Setiap kontractor di indonesia khususnya dalam bidang OIL and GAS, Harus memiliki kelengkapan dokumen HSE I CSMS I HSE Plan.
        Beberapa data pendukung dalam penyusunan dokumen CSMS I HSE I HSE Plan adalah:

        1. Surat Penunjukan Safety Officer (persyaratan utama : sudah training Ahli K3)
        2. Daftar Alat Pelindung Diri yang digunakan
        3. Daftar perlatan darurat yang dimliki : APAR, hydran, lampu emergency, kotak P3K, tandu, spill kit dll
        4. Daftar mesin, peralatan dll yang digunakan beserta SOP pengoperasian, jadwal & check list perawatannya
        • Genset, bolier, chiller, forklift, crane : sertifikasi peralatan, sertifikasi operator
        • Alat ukur : sertifikat kalibrasi
        5. Data pelatihan HSE yang sudah dilakukan atau diikuti :
        • Pelatihan internal : daftar hadir, materi pelatihan
        • Pelatihan eksternal : sertifikat pelatihan
        • Pelatihan tanggap darurat : simulasi evakuasi, pemadaman, penanganan tumpahan limbah, P3K

        6. Bukti pelaksanaan Medical Check Up
        7. Bukti keikutsertaan dalam Jamsostek atau program asuransi kesehatan lainnya
        8. Data induksi karyawan baru selama setahun terakhir : daftar hadir & materi induksi
        9. Daftar bahan kimia yang digunakan beserta MSDS nya
        10. Data limbah yang dihasilkan baik B3 maupun non B3
        11. Bukti penyerahan limbah B3 ke Pengelola resmi
        12. Data 3 proyek terakhir :
        • JSA / HIRA
        • Safety Talk / Tool box meeting : agenda, daftar hadir
        • APD : bukti serah terima, bukti inspeksi
        13. Daftar peraturan, standar dll baik asosiasi, lokal, nasional maupun internasional yang harus diikuti
        14. Daftar nama dan tanda tangan karyawan

        15. Bukti keanggotaan dalam asosiasi, organisasi dll terkait HSE
        16. Bukti penghargaan terkait HSE yang pernah diterima dari eksternal
        17. Buku saku HSE
        18. Bukti pengukuran kualitas lingkungan yang pernah dilakukan : kebisingan, ambien, penerangan, limbah cair dll (sesuai resiko HSE yang ada)
        19. Tanda tangan direktur utama karena hal ini menyangkut komitmen manajemen (harus)
        20. List nama proyek yang penah da sedang di kerjakan berikut photo-photonya (dokumentasi)
        21. Hasil Medical chek up karyawan (harus dilampirkan)

        Any Company interesting Relationship for develop csms, Hse, Ohsas, Hse Plan, please call us now:

        David Purba
        Head Office : epicentrumwalk office suite A-531
        Jl. Hr. rasuna said-kuningan-jakarta selatan
        Telp. :+6221. 9279 5135 , +6281212 814843

      • Terima kasih. Artikelnya cukup membantu dalam menyerap pemahaman. Semoga semakin berkah Ilmu dan mari, terus berbagi Ilmu berbagi Keberkahan. Kampus Kewirausahaan Berbasis Islami. STIS SBI Surabaya

      • Terima kasih. Artikelnya cukup membantu dalam menyerap pemahaman. Semoga semakin berkah Ilmu dan mari, terus berbagi Ilmu berbagi Keberkahan. Kampus Kewirausahaan Berbasis Islami. STIS SBI Surabaya

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *