Menu

Pengertian Lingkaran: Apa itu Lingkaran?

Pengertian Lingkaran: Apa itu Lingkaran? | Lingkaran adalah himpunan semua titik di bidang datar yang berjarak sama dari suatu titik tetap di bidang tersebut. Titik tetap lingkaran itu dinamakan pusat lingkaran, sedangkan jarak dari suatu titik pada lingkaran ke titik pusat dinamakan jari-jari lingkaran. Dalam pengertian yang lain, kita dapat menyatakan bahwa lingkaran adalah sebuah garis lengkung yang bertemu kedua ujungnya, sedangkan semua titik sama jauh letaknya dari sebuah titik tertentu. Titik ini dinamakan pusat lingkaran, jarak dari suatu titik pada lingkaran ke titik pusat dinamakan jari-jari lingkaran dan garis lengkung yang bertemu kedua ujungnya itu dinamakan keliling lingkaran. Daerah yang dibatasi oleh lingkaran disebut bidang lingkaran.
Pengertian Lingkaran: Apa itu Lingkaran?
Pengertian Lingkaran
Persamaan lingkaran berjari-jari r dengan pusat (0,0) dirumuskan:

X^2 + y^2 = r^2

Persamaan lingkaran berjari-jari r yang berpusat di (a, b) dirumuskan:

(x-a)^2 + (y-b)^2 = r^2
Bagian-bagian lingkaran pada umumnya terdiri dari:
  • Jari-jari Lingkaran: adalah ruas garis yang menghubungkan suatu titik pada lingkaran dengan titik pusatnya. Jari-jaring lingkaran juga dapat diartikan sebagai jarak suatu titik pada lingkaran dengan titik pusatnya. Jari-jari lingkaran disimbolkan dengan r atau R.
  • Tali Busur: adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.
  • Diameter Lingkaran: adalah garis tengah lingkaran yang membagi lingkaran menjadi dua bidang, disimbolkan dengan d atau D. Diameter adalah dua kali jari-jari lingkaran.
  • Apotema Lingkaran: adalah ruas garis yang ditarik dari titik pusat suatu lingkaran tegak lurus pada sebuah tali busur. Jadi, apotema berarti jarak titik pusat lingkaran dengan tali busurnya.
  • Anak Panah Lingkaran: ruas garis yang perpanjangan apotema sampai pada busur lingkaran.
  • Busur Lingkaran: adalah bagian dari keliling lingkaran.
  • Juring atau sektor Lingkaran: adalah daerah di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari lingkaran dan busur lingkaran dihadapan sudut pusat yang dibentuk oleh kedua jari-jarinya.
  • Tembereng: adalah daerah lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busurnya.

Sekian uraian tentang Pengertian Lingkaran: Apa itu Lingkaran?, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *