Menu

Pengertian Lapisan Ozon

Pengertian Lapisan Ozon | Ozon adalah gas yang ada di lapisan atmosfer bagian atas dan pada lapisan permukaan bumi dan komponen yang tersusun dari tiga atom oksigen. Tergantung pada letaknya di atmosfer, ozon dapat bersifat baik, tetapi juga dapat bersifat buruk bagi lingkungan. Pada lapisan dasar atau lapisan permukaan Bumi yang disebut troposfer, ozon merupakan polutan udara. Ini karena ozon berbahaya bila kita hirup. Selain itu, ozon dapat merusak pertanian dan tanaman lainnya. Pada kabut asap di perkotaan atau pemukiman padat penduduk banyak terdapat ozon di dalamnya. Lapisan troposfer berada di ketinggian 10 km dari permukaan Bumi. Setelah troposfer, lapisan atmosfer yang kedua biasa disebut dengan stratosfer. Stratosfer berada pada ketinggian 10-50 km di atas permukaan bumi. Beda dengan yang ada di lapisan troposfer, ozon yang berada di lapisan stratosfer sebaliknya sangat berguna untuk melindungi bumi dari sengatan berbanya sinar ultraviolet matahari.
Pengertian Lapisan Ozon
Pengertian Lapisan Ozon
Secara alami, ozon memang terdapat di lapisan stratosfer. Tetapi ozon yang bersifat baik di lapisan tersebut dirusak oleh manusia sendiri dengan berbagai unsur dan senyawa kimia buatannya. Unsur dan senyawa perusak ozon banyak digunakan di dalam lemari es, pendingin ruangan (AC), tabung pemadam kebakaran, pestisida, bahan bakar aerosol, bahan pelarut, dan sebagainya. Begitu terlepas ke udara, ozon akan berkurang dengan sangat lambat. Mereka tetap utuh selama bertahun-tahun di troposfer sampai mereka naik mencapai stratosfer. Di stratosfer, ozon melindungi Bumi dari sengatan ultraviolet matahari. 
Lapisan ozon mulai rusak akibat tindakan manusia. Para ilmuwan memperkirakan bahwa satu atom klorin dapat merusak 100.000 molekul ozon. Dari penelitian yang menggunakan satelit, mereka mengatakan bahwa pengurangan lapisan ozon masih terus terjadi di seluruh dunia. Pengurangan itu paling banyak terjadi di daerah kutub. Pengurangan lapisan ozon di stratosfer menambah jumlah radiasi ultraviolet yang mencapai Bumi. Radiasi ultraviolet itu menyebabkan semakin banyaknya kasus kanker kulit, katarak, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Ultraviolet juga dapat merusak pertanian, terutama tanaman kacang kedelai. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa fitoplankton yang berada di laut yang memegang peran terpenting dalam rantai makanan di laut saat ini sudah mengalami kerusakan akibat radiasi ultraviolet. Di troposfer, ozon tidak baik untuk lingkungan hayati. Selama bertahun-tahun, para peneliti telah mempelajari dampak ozon terhadap kesehatan manusia. Sejauh ini, mereka telah menemukan bahwa ozon dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada paru-paru. Antara lain pemapasan yang teriritasi, berkurangnya fungsi paru-paru, memperparah asma, peradangan, dan kerusakan lapisan paru-paru.
Sekian uraian tentang Pengertian Lapisan Ozon, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *