Menu

Pengertian Komputer (Computer)

Komputer (computer) berasal dari kata latin “computare” yang artinya menghitung, jadi komputer adalah alat penghitung elektronik. Dalam pengertian  yang lain, komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Pengertian komputer juga dapat dilihat dari bagian-bagiannya yang terdiri dari hardware, software, dan brainware. Agar dapat beroperasi, komputer harus dilengkapi dengan sistem operasi dan software pendukung lainnya. Komputer dapat juga digunakan untuk mengetik, menggambar, dan menjalankan program permainan. Selain itu, banyak lagi kegunaan lainnya. Teknologi komputer terus berkembang baik bentuk maupun ukurannya ada yang besar sampai memenuhi satu ruangan kelas ada juga komputer kecil yang dapat disimpan dalam saku baju.
Pengertian Komputer (Computer)
Komputer
Peralatan yang membentuk sebuah komputer terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut berupa sebuah peralatan elektronik yang saling membantu yang membentuk sistem kerja tertentu. Peralatan tersebut dapat dibedakan menjadi peralatan input, output, dan proses.  
Komputer yang pertama kali dibuat bentuk dan ukurannya sangat besar komputer tersebut adalah jenis mainframe dibuat pada 1946 di Amerika Serikat. Adapun komputer yang banyak digunakan di rumah, sèkolah atau kantor namanya PC (personal computer) atau komputer pribadi Notebook atau sering juga disebut laptop adalah komputer yang ukurannya lebih kecil dari PC bentuknya seperti koper kecil dan bisa dibawa ke mana mana. Teknologi komputer terus berkembang bentuk dan ukuran komputer juga berubah dari yang asalnya besar menjadi kecil. Semua ini berawal dari penemuan chip benda kecil yang sangat canggih dengan kemampuan luar biasa chip inilah yang menyusun perangkat keras komputer.
Sekian uraian tentang Pengertian Komputer (Computer), semoga bermanfaat. 

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *