Menu

Pengertian Komet: Apa itu Komet?

Pengertian Komet: Apa itu Komet? | Komet adalah benda langit terang dengan ekor yang panjang. Kadang komet terlihat melintasi langit pada malam hari. Meski terlihat indah, sebetulnya komet adalah bola es kotor dengan diameter beberapa kilometer. Komet terdiri atas inti dan koma. Inti komet merupakan gumpalan partikel debu kecil yang menyatu dengan gas dan air es. Koma atau ekor komet tercipta saat mendekati Matahari yaitu ketika sebagian inti meleleh menjadi gas. Angin surya kemudian meniup gas tersebut sehingga menyerupai asap yang mengepul ke arah belakang kepala komet. Ekor iniIah yang terlihat bersinar dari Bumi.

Pengertian Komet: Apa itu Komet?
Komet
Komet berputar di bagian dalam tata surya dan sebagian besar mengorbit Matahari. Lintasan orbit komet sangat jauh dan umumnya setelah 100 kali mengorbit komet akan kehabisan gas dan debu sehingga kemudian mati. Orbit komet biasanya berbentuk elips. Komet tidak mempunyai cahaya sendiri, melainkan hanya memantulkan cahaya Matahari. Kita dapat menyaksikan komet saat mengorbit di dekat Matahari selama beberapa minggu. Sebagian komet meluncur secepat 2 juta km/jam begitu mendekati Matahari dan menurun sampai 1.000 km/jam saat jauh dari Matahari.

Komet yang paling terkenal adalah komet Halley. Nama komet ini berasal dari nama ahli astronomi Inggris, Edmund Halley (1656-1743) yang menemukan komet tersebut pada tahun 1682. Edmund Halley juga berhasil memperkirakan waktu kemunculan komet itu, yaitu setiap 76 tahun sekali. Setelah komet Halley, banyak komet lain yang telah ditemukan dan dikenali, antara lain sebagai berikut.

  • Komet Kohoutek: Pertama kali terlihat pada 7 Maret 1973 oleh astronomer asal Ceko, Luos Kohoutek. Komet ini pernah dijuluki sebagai “komet abad ini”. Kala orbitnya tiap 6,24 tahun.
  • Komet Ikeya-Seki: Komet ini ditemukan pada September 1965 oleh dua astronom Jepang, yaitu Ikeya dan T. Seki.
  • Komet Shoemaker-Levy 9: Hancur menabrak Yupiter pada bulan Juli 1994. Ledakannya merupakan yang paling dahsyat yang pernah terlihat.
  • Komet Hyakutake: Muncul pada tahun 1996 dan kala orbitnya lebih dari 65 ribu tahun. 
  • Komet Hale-Bopp: Terlihat pada tahun 1997 dan merupakan penampakan komet paling terang sejak tahun 1811.

Sekian uraian tentang Pengertian Komet: Apa itu Komet?, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *