Menu

Pengertian Bagian Bagian Matahari

Pengertian Bagian Bagian Matahari | Matahari adalah pusat tata surya berbentuk sebuah bola besar yang terbuat dari gas yang panas dan berpijar. Besarnya sekitar 100 kali besar Bumi, diameternya 1,4 juta km, dan beratnya 300 ribu kali berat Bumi. Padahal, sebagian besar bahan pembentuk Matahari adalah gas hidrogen dan helium, yaitu gas yang paling ringan di seluruh jagat raya. Ukuran Matahari begitu besar, sehingga jika saja bagian dalamnya kosong, dapat memuat satu juta planet sebesar Bumi di dalamnya. Suhu di permukaan Matahari mencapai 6.000°C. Setiap 1 cm bagian Matahari terangnya setara dengan 250 ribu batang lilin. Matahari terdiri atas beberapa bagian.

Bagian Bagian Matahari
Matahari

Bagian bagian Matahari itu adalah sebagai berikut:

  • Inti Matahari: Suhu bagian inti Matahari ini bisa mencapai 15 juta Celcius. Di bagian ini terjadi reaksi yang mengubah gas hydrogen menjadi helium.
  • Fotosfer: Fotosfer adalah lapisan permukaan Matahari yang terdiri atas gas panas. Panas dan cahaya yang terpancar ke ruang angkasa, termasuk yang sampai ke Bumi berasal dari fotosfer.
  • Kromosfer: Kromosfer berada di atas bagian fotosfer, warnanya kemerahan dan berasal dari hidrogen yang berpijar. Pada lapisan ini terdapat lidah-lidah api yang membuat kromosfer tampak seperti hutan yang terbakar.
  • Korona: Korona adalah lingkaran cahaya yang hanya terlihat jelas dari bumi saat terjadi Matahari Total.
Sekian uraian tentang Pengertian Bagian Bagian Matahari, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *