Menu

Pengertian Angka Penting

Pengertian Angka Penting | Apa yang dimaksud dengan angka penting? Dalam kajian fisika, pengertian angka penting adalah semua angka yang diperoleh dalam proses pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan angka terakhir yang ditaksir nilainya. Angka taksiran ini biasanya diberi garis bawah. Sedangkan, angka yang berada setelah angka bergaris bawah adalah bukan angka penting. Nilai angka terakhir yang ditaksir sangat ditentukan oleh tingkat ketelitian alat ukur yang digunakan dalam proses pengukuran. Semua angka-angka dari hasil pengukuran adalah bagian dari angka penting. Tapi, tidak semua angka hasil pengukuran adalah angka penting. Untuk menuliskan angka penting, terdapat aturan yang perlu dipatuhi.
Pengertian Angka Penting
Pengertian Angka Penting
Aturan penulisan angka penting tersebut antara lain:
  • Semua angka bukan nol adalah angka penting. Contoh: 4,57 memiliki 3 angka penting
  • Angka nol yang terletak di antara dua angka bukan nol adalah angka penting. Contoh: 2,03 memiliki 3 angka penting.
  • Semua angka nol yang terletak pada deretan akhir dari angka-angka yang ditulis di belakang koma desimal adalah angka penting. Contoh: 0,3340 memiliki 4 angka penting
  • Angka-angka nol yang digunakan hanya untuk tempat titik desimal adalah bukan angka penting. Contoh: 0,0334 memiliki 3 angka penting.

Sekian uraian tentang Pengertian Angka Penting, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *