Menu

Pengertian Musyawarah: Apa itu Musyawarah?

Pengertian Musyawarah: Apa itu Musyawarah? | Musyawarah menurut bahasa berarti “berunding” dan “berembuk”, sedangkan pengertian musyarawarah menurut istilah adalah perundingan bersama antara dua orang atau lebih untuk mendapatkan keputusan yang terbaik. Musyawarah adalah pengambilan keputusan bersama yang telah disepakati dalam memecahkan suatu masalah. Cara pengambilan keputusan bersama dibuat jika keputusan tersebut menyangkut kepentingan orang banyak atau masyarakat luas. Terdapat dua cara yang dapat ditempuh dalam pengambilan keputusan bersama, yaitu dengan musyawarah mufakat dan dengan pengambilan suara terbanyak atau yang lebih dikenal dengan istilah voting. 
Pengertian Musyawarah: Apa itu Musyawarah?
Pengertian Musyawarah
Voting dapat dilaksanakan dengan persyaratan sebagai berikut.
  • Musyawarah sudah dilakukan, tetapi tidak menghasilkan keputusan yang bulat.
  • Musyawarah sudah tidak memungkinkan lagi karena timbul perbedaan pendapat yang tidak mungkin lagi dipertemukan.
  • Waktu yang mendesak sehingga harus cepat membuat keputusan bersama.
  • Sebelum dilakukan voting, semua peserta rapat diberi kesempatan untuk mempelajari pendapat yang berbeda oleh sekurang-kurangnya 2/3 jumlah anggota rapat (kuorum) dan disetujui oleh dari separuh jumlah anggota yang hadir memenuhi kuorum.
Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan dengan penuh tanggungjawab. Musyawarah sangat bermanfaat untuk menyatukan pendapat yang berbeda dan keputusan tersebut menjadi suatu hasil keputusan yang adil dan merupakan tanggungjawab bersama.
Sekian uraian tentang Pengertian Musyawarah: Apa itu Musyawarah?, semoga bermanfaat. 

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *