Menu

Pengertian Metamorfosis: Apa itu Metamorfosis?

Pengertian Metamorfosis: Apa itu Metamorfosis? | Istilah metamorfosis berasal dari kata metamorphoo yang berarti “berubah bentuk atau bertransformasi”. Dalam ilmu Biologi, pengertian metamorfosis adalah proses perubahan bentuk dan struktur yang terjadi pada hewan, mulai dari embrio sampai menjadi dewasa. Metamorfosis hanya terjadi pada hewan tertentu saja, yaitu pada kelas insekta dan katak. Metamorfosis ada 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna (bertahap). Metamorfosis sempurna adaiah metamorfosis yang melalui tahap-tahap perubahan bentuk yang dapat dibedakan dengan jelas, yaitu mulai dan telur, larva, pupa hingga dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu dan katak. Secara umum (kecuali pada katak), urutan perubahan pada metamorfsis tidak sempurna adalah : telur larva-pupa/kepompong-dewasa. Beberapa contohnya, ,antara lain: Metamorfosis Kupu-kupu; telur-larva/ulat-kepompong-kupu kupu dewasa. Metamorfosis Nyamuk; telur -larva/jentik – pupa nyamuk dewasa. Metamorfosis Lalat; telur – Larva lalat – pupa – lalat dewasa. Metamorfosis Katak; telur – berudu – berudu berkaki – katak muda (berekor) – katak dewasa.
Pengertian Metamorfosis: Apa itu Metamorfosis?
Metamorfosis Kupu-kupu
Metamorfosis tak sempurna adalah metamorfosis yang bentuknya tetap sama hanya mengalami pembesaran dan pergantian kulit saja, tidak melalui tahap-tahap dengan bentuk yang berbeda-beda. Hewan yang mengalami metamorfosis tak sempurna adalah belalang, jangkrik. kecoa, dan sejenis lalat (lokus). Secara, umum urutan perubahan pada metamorfosis tidak sempurna: telur – nimfa/hewan muda – dewasa. Contoh metamorfosis tidak sempurna: Metamorfosis Belalang; telur – nimfa – belalang muda/tidak bersayap-belalang dewasa. Metamorfosis Kecoa; telur – nimfa – kecoa muda/tidak bersayap – kecoa dewasa.

Pada metamorfosis, bertambah besarnya ukuran tubuh merupakan proses pertumbuhan, sedangkan perubahan bentuk tubuh dan telur men jadi dewasa merupakan proses perkembangan. Sekian uraian tentang Pengertian Metamorfosis: Apa itu Metamorfosis?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *