Menu

Pengertian Lensa dan Jenis Lensa

Pengertian Lensa dan Jenis Lensa | Apa itu lensa? Lensa adalah benda tembus cahaya yang dibatasi oleh dua bidang lengkung, biasanya bidang bola, kadang-kadang bidang silinder, atau satu bidang lengkung dan satu bidang datar. Lensa terdiri dari beberapa jenis; ada lensa cembung, ada lensa cekung. Lensa cembung ialah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian pinggirnya; sedangkan lensa cekung bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian pinggirnya. Lensa cembung (lensa konveks) terdiri dari beberapa macam: Lensa cembung rangkap (bi-konveks), lensa cembung datar (plano-konveks), lensa cembung cekung (konkaf-konveks). Lensa cekung (lensa-konkaf) terdiri beberapa jenis, yaitu; lensa cekung rangkap (bi-konkaf), lensa cekung datar (plano-konkaf), dan lensa cekung cembung (konveks-konkaf). Lensa cembung disebut juga lensa konvergen, karena bersifat mengumpulkan sinar-sinar. Lensa cekung disebut juga lensa divergen, karena bersifat memencarkan sinar-sinar.

Pengertian Lensa dan Jenis Lensa
Ilustrasi

Pada setiap lensa (cembung dan cekung) berlaku sinar-sinar istimewa. Pada lensa cembung, ada tiga sinar istimewa yang berlaku, yaitu:

  • Sinar-sinar datang yang sejajar sumbu utama akan dibiaskan menuju fokus.
  • Sinar-sinar datang yang melewati fokus akan dibiaskan sejajar sumbu utama.
  • Sinar-sinar datang yang melewati pusat optik lensa tidak akan dibiaskan.

Pada lensa cekung, juga berlaku 3 sinar istimewa:

  • Sinar yang sejajar sumbu utama, dibiaskan seolah-olah berasal dari fokus.
  • Sinar yang menuju fokus, dibiaskan sejajar sumbu utama.
  • Sinar yang melalui titik pusat optik lensa tidak dibiaskan.
Setiap lensa memiliki daya atau kekuatan tertentu. Daya atau kekuatan lensa adalah kemampuan lensa untuk memancarkan atau mengumpulkan berkas cahaya. Pada lensa cembung, makin kecil fokusnya, makin besar dayanya. Pada lensa cekung, makin kecil fokusnya makin besar pula dayanya.
Sekian uraian tentang Pengertian Lensa dan Jenis Lensa, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *