Menu

Pengertian Harga Keseimbangan

Pengertian Harga Keseimbangan | Apa itu harga keseimbangan? Titik temu harga dianggap sebagai titik keseimbangan antara harga penjual dan harga pembeli dan disebut dengan harga keseimbangan (equilibrium). Dengan kata lain, pengertian harga keseimbangan adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli, atau harga yang terjadi setelah ada keseimbangan antara harga penjual dan harga pembeli. Berdasarkan pengertian harga keseimbangan secara sederhana, pembentukan harga keseimbangan berawal dari interaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk tawar menawar harga. Dari proses tawar-menawar ini, kemudian tercapai kesepakatan yang melahirkan harga keseimbangan, misalnya kesepakakan harga antara penjual dan pembeli di pasar.  Ada beberapa pendekatan (cara) yang dapat digunakan untuk mencari harga keseimbangan, yaitu dengan pendekatan table, pendekatan kurva, dan pendekatan matematis.
Pengertian Harga Keseimbangan
Kurva Harga Keseimbangan
Berikut ini penjelasan masing-masing pendekatan mencari harga keseimbangan tersebut:
  • Pendekatan table: Dengan pendekatan ini harga keseimbangan dapat dicari dengan cara menyusun table harga (P), jumlah barang yang ditawarkan (Qs), dan jumlah barang yang diminta (Qd).
  • Pendekatan Kurva: Dengan pendekatan ini, perlu menggunakan kurva penawaran dan kurva permintaan untuk mencari keseimbangan antara jumlah barang yang diminta dan jumlah barang yang ditawarkan.
  • Pendekatan Matematika: Untuk memperoleh harga dan jumlah keseimbangan dengan menggunakan pendekatan matematika, terlebih dahulu diketahui persamaan permintaan dan persamaan penawarannya. Jika persamaan permintaan dan persamaan penawaran sudah diketahui, hal pertama yang harus diperhatikan ialah menyamakan fungsi permintaan dan fungsi penawaran.

Sekian uraian tentang Pengertian Harga Keseimbangan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *