Menu

Pengertian dan Fungsi Firewall

Pengertian dan Fungsi Firewall | Firewall adalah suatu cara (metode) untuk melindungi sistem, balk itu sistem komputer ataupun sistem pada jaringan yang leblh luas. Firewall ada yang berupa software, ada juga berupa hardware, yang berfungsi untuk memonitor paket data yang masuk dan keluar dari jaringan atau komputer kita. Firewall yang berbentuk software umumnya akan diinstal pada komputer. Firewall akan menganalisa paket data dan mempelajari sumber paket data, komputer yang dituju oleh paket data, protocol yang digunakan, dan isi paket datanya. Dengan kita menggunakan firewall, maka kita dapat memblokir paket data dari alamat-alamat tertentu. memblokir pertukaran data antara PC, mencegah penggunaan protokol tertentu, dan menolak paket yang mencurigakan.
Pengertian dan Fungsi Firewall
Ilustrasi
Fungsi firewall pada sebuah sistem atau jaringan adalah melewatkan hanya trafik yang diizinkan masuk ke dalam jaringan. dan menghalangi semua trafik lalnnya. Konsep firewall dalam jaringan computer. Agar dapat berfungsi secara efektif, firewall jaringan harus memenuhi standar-standar tertentu dan mampu menjalankan berbagai skema pencegahan dasar. Gagasan utama penerapan teknologi firewall adalah mendirikan suatu bentuk pagar pengaman di sekeliling sebuah jaringa privat, untuk mencegah akses tanpa izin dan berbagai gangguan terhadap aktivitas data. Hal penting yang harus dimiliki firewall adalah bahwa firewall itu harus kebal terhadap penyusupan dari luar. Cara memeriksa keamanan firewall adalah dengan menempatkannya pada sebuah perangkat yang dedicated (diperuntukkan khusus baginya). Dengan kata lain, jangan memasang firewall pada server Web, server basis-data, atau server apapun yang melayani aplikasi atau layanan lain, alasannya adalah berkaitan dengan nomor IP port-port jaringan.
Bentuk firewall yang paling umum adalah proxy server. Proxy server bertindak sebagai perantara antara komputer intranet dengan komputer internet dengan cara menerima dan membloking paket data secara selektif di antarmuka jaringan. Network firewall ini juga menyediakan langkah keamanan ekstra dengan menyembunyikan alamat-alamat LAN internal dari luar internet. Pada sebuah lingkungan proxy server firewall, request jaringan dari berbagai client yang tampil maupun requet dari luar jaringan datang dari alamat proxy server yang sama. 
Sekian uraian tentang Pengertian dan Fungsi Firewall, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *