Menu

Pengertian Rotasi Revolusi Bumi

Pengertian Rotasi Revolusi Bumi | Apa itu rotasi Bumi? Rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya (sumbunya) dengan arah dari barat ke timur. Posisi poros Bumi ini tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, tetapi miring membentuk sudut 66,5 derajat. Bumi melakukan rotasi dengan arah dari barat ke timur selama 23 jam 56 menit dan 4 detik atau disebut satu hari. Bumi dalam sekali rotasinya menempuh putaran sebesar 360 derajat dalam waktu 24 jam, atau setiap 15 derajat ditempuh dalam waktu 1 jam atau setiap 1 derajat ditempuh dalam waktu 4 menit. Oleh karena itu, selisih waktu setiap 1 derajat bujur adalah 4 menit. Akibat adanya rotasi Bumi adalah pergantian siang dan malam, perbedaan waktu di Bumi, dan perubahan arah angin.

Pengertian Rotasi Bumi
Rotasi Bumi
Sedangkan, Pengertian revolusi Bumi adalah perputaran Bumi dalam mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Bidang edar revolusi Bumi berbentuk elips dan disebut bidang ekliptika. Seperti arah rotasinya, arah revolusi Bumi juga dari barat ke timur. Sementara itu, waktu yang dibutuhkan oleh Bumi dalam satu kali revolusi adalah 365 hari atau disebut satu tahun surya. Akibat Revolusi Bumi adalah terjadinya peristiwa yang berhubungan dengan kehidupan di Bumi, antara lain terjadinya gerak semu matahari, pergantian musim, serta perbedaan lamanya siang dan malam.

Pengertian Revolusi Bumi
Revolusi Bumi
Sekian uraian tentang Pengertian Rotasi Revolusi Bumi. Jika ada pertanyaan. saran/kritik, atau apresiasi kirimkan melalui kotak komentar. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *