Menu

Pengertian Dioda dan Jenis Dioda

Pengertian Dioda dan Jenis Dioda | Apa itu dioda? Dioda adalah komponen elektronika golongan semikonduktor yang mengalirkan arus satu arah saja. Komponen diode terbuat dari bahan Germanium atau Silicon yang lebih dikenal dengan nama Dioda Junction. Struktur dari dioda ini adalah sambungan antara semikonduktor tipe P dan semikonduktor tipe N. Semikonduktor tipe P (sisi positif) berperan sebagai anoda dan semikonduktor tipe N (sisi negatif) berperan sebagai katoda. Dengan struktur seperti ini arus hanya dapat mengalir dari sisi P ke sisi N. Dioda banyak digunakan pada adaptor yang berfungsi sebagai penyearah dari sinyal AC ke DC, dan distabilkan oleh kapasitor. 

Pengertian Dioda dan Jenis Dioda
Komponen Dioda
Jenis dioda ada dua, yaitu dioda zenner dan LED (Light Emiting Dioda). Dioda zenner adalah dioda yang berfungsi sebagai pembatas tegangan. Sedangkan LED adalah jenis dioda yang dapat menghasilkan cahaya.
Sekian uraian tentang Pengertian Dioda dan Jenis Dioda. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat. 

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *