Menu

Pengertian Akar dan Bagian Akar

Pengertian Akar dan Bagian Akar | Apa itu akar? Akar adalah bagian bawah tumbuhan yang biasanya berkembang di bawah permukaan. Akar adalah organ tumbuhan yang fungsi utamanya untuk mengisap air dan garam mineral. Air dan mineral digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh. Struktur luar akar terdiri dari tudung akar, daerah pertumbuhan akar, dan bulu akar. Sedangkan, bagian-bagian akar paling dalam dapat diamati dengan cara memotong akar secara melintang. Urutan dari luar ke dalam terdiri dari epidermis, korteks, endodermis, dan stele. Stele terdiri dari berkas pengangkut, yaitu xilem dan floem.

Pengertian Akar dan Bagian Akar
Akar tumbuhan

Bagian-bagian yang ada pada akar, antara lain:

  • Epidermis: Epidermis akar terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat. Dinding sel epidermis tipis sehingga mudah ditembus air. Epidermis akar memiliki rambut akar hasil aktivitas sel-sel di belakang titik tumbuh. Rambut akar berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan. Epidermis akar pada umumnya tidak memiliki kutikula. Epidermis akar yang menggantung pada tanaman anggrek dapat berkembang menjadi velamen, yaitu jaringan yang terdiri dari beberapa lapis sel. 
  • Korteks:Korteks akar tersusun dari beragam sel yang membentuk beberapa lapis sel. Dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Pada korteks terdapat antara lain parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. 
  • Endodermis:Lapisan endodermis akar terletak di sebelah dalam korteks, yaitu berupa sebaris sel-sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Dinding sel endodermis mengalami penebalan gabus membentuk pita Caspary. Penebalan bagus menyebabkan dinding sel tidak dapat ditembus oleh air.
  • Stele (Silinder Pusat): Terletak di sebelah endodermis. Di antara stele terdapat berkas pengangkutan. Stele tersusun terdapat berkas pengangkutan. Stele tersusun oleh macam-macam jaringan yaitu sebagai berikut: Perisikel atau perikarbium merupakan lapisan terluar dari stele. Vasis atau berkas pembuluh angkut terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari-jari. Jaringan parenkim, jaringan yang mengisi di antara vasis yang disetujui empulur. 

Sekian uraian tentang Pengertian Akar dan Bagian Akar. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *