Menu

Pengertian Sungai: Apa itu Sungai?

Pengertian Sungai: Apa itu Sungai? | Sungai adalah aliran air alami dari daerah hulu ke daerah hilir. Aliran alami sungai merupakan sumber utama untuk memenuhi air bagi manusia. Hutan di pegunungan merupakan daerah tangkapan hujan. Dari daerah tangkapan hujan air mengalir pada anak-anak sungai menuju daerah bawah dan laut. Secara alami, sungai mengalir sambil melakukan aktivitas yang satu sama lain saling berhubungan. Aktivitas tersebut, antara lain erosi (pengikisan), pengangkutan (transportasi), dan pengendapan (sedimentasi). Ketiga aktivitas tersebut tergantung pada faktor kemiringan daerah aliran sungai, volume air sungai, dan kecepatan aliran. 
Pengertian Sungai: Apa itu Sungai?
Pengertian Sungai
Bahan yang diangkut oleh sungai terdiri atas material halus yang melayang dan material kasar berupa bongkahan batu yang menggelinding di dasar sungai. Sungai mengalir dalam tiga tingkatan, yaitu bagian atas/hulu, tengah, dan bagian bawah/hilir. Aliran bagian atas atau hulu sungai ditandai dengan lembah berbentuk V yang disebut sungai muda. Banyak mata air ditemukan di daerah ini. Erosi yang intensif menghasilkan lembah curam, jurang, dan air terjun.

Aliran sungai bagian tengah ditandai dengan bentuk lembah U disebut sungai dewasa. Banyak terdapat anak-anak sungai yang menambah jumlah material yang harus diangkut ke hilir. Di wilayah ini banyak terdapat daerah sisa erosi dan secara perlahan mengakibatkan sungai mulai berkelok-kelok. Aliran bagian bawah ditandai dengan lembah daerah yang datar disebut sungai tua. Terdapat beban yang sangat besar berupa material hasil erosi yang sangat banyak yang diendapkan di kiri-kanan aliran sungai dan kelokan-kelokan sungai membentuk dataran. Aliran sungai sangat perlahan melalui dataran banjir yang diendapkan di muara sungai disebut delta. Material hasil erosi yang lebih halus terbawa sampai laut yang akhirnya mengendap di dasar laut berupa lempeng ke arah laut yang akhirnya mengendap membentuk delta.
Sekian uraian tentang Pengertian Sungai: Apa itu Sungai?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *