Menu

Pengertian Stroke: Apa itu Stroke?

Pengertian Stroke: Apa itu Stroke? | Stroke berasal dari kata strike yang berarti “pukulan”. Pukulan yang dimaksud disini adalah pukulan pada sel otak. Stroke didefinisikan sebagai defisit (gangguan) fungsi sistem saraf yang terjadi mendadak dan disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak. Stroke terjadi akibat gangguan pembuluh darah di otak. Gangguan fungsi otak ini akan memunculkan gejala stroke. Jadi, stroke merupakan penyakit yang ditandai oleh penurunan fungsi otak, yang semata-mata diakibatkan oleh terhentinya aliran darah ke otak yang berlangsung selama 24 jam atau lebih, dan dapat berakhir dengan kematian.
Pengertian Stroke: Apa itu Stroke?
Pengertian Stroke

Gejala stroke yang terlihat tergantung dari sel otak yang rusak yang ditandai dengan gejala hilangnya fungsi sistem saraf pusat fokal (atau global) yang berkembang cepat. Karena setiap otot tubuh diurus oleh sel otak atau kelompok sel otak tertentu, maka gejala yang terlihat bisa hanya berupa gangguan gerakan sederhana sampai yang rumit. Pada stroke terjadi penurunan fungsi dan aktivitas salah satu atau sekelompok otot yang diurus oleh saraf otak tertentu. Tanda-tanda tubuh penderita stroke adalah terjadinya gangguan motorik dan sensoris. Bila yang terkena otak sebelah kanan, organ tubuh yang lumpuh adalah organ  yang terletak sebelah kiri. Begitupun sebaliknya. Tanda-tanda stroke lainnya adalah hilangnya memori atau daya ingat, emosi yang tidak terkendali, hilangnya keseimbangan, sampai gangguan bicara.

Kejadian stroke sangat tiba-tiba dan sangat dramatis. Stroke merupakan penyebab kematian ketiga setelah penyakit jantung dan kanker. Gaya hidup kurang sehat menjadi faktor utama pemicu stroke, seperti: merokok, kurang berolahraga, stres, dll.

Sekian uraian tentang Pengertian Stroke: Apa itu Stroke?. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, silahkan kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *