Menu

Pengertian Respirasi: Apa itu Respirasi?

Pengertian Respirasi: Apa itu Respirasi? | Respirasi adalah proses penguraian bahan makanan yang menghasilkan energi. Proses respirasi sel mengubah energi kimia dalam makanan menjadi bentuk energi yang dapat digunakan langsung, misalnya energi otot untuk bergerak. Sel memperoleh pasokan energi dalam beragam bentuk, tetap sel jarang dapat langsung memanfaatkan energi tersebut untuk melakukan proses-proses dalam sel. Oleh karena itu, sel memiliki mekanisme untuk mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk energi yang lain. Semua sel aktif melakukan respirasi terus menerus menyerap oksigen (O2) dan melepaskan karbon dioksida (CO2). Pada proses respirasi sel, yang menjadi bahan bakar adalah gula (glukosa). Pembakaran tersebut memerlukan oksigen bebas serta menghasilkan karbon dioksida, air, dan energi.
Proses respirasi menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan proses respirasi ini digunakan untuk aktivitas makhluk hidup, misalnya bergerak atau berbicara. Sebagian besar aktivitas makhluk hidup melibatkan rangkaian transformasi energi yang kompleks yang terjadi saat energi kinetik diubah menjadi energi potensial atau ketika energi potensial diubah menjadi energi kinetik. Energi kimia merupakan energi potensial yang tersimpan dalam ikatan kimia, sangat penting bagi organisme. Contohnya, energi kimia dalam molekul makanan diubah menjadi energi kinetik dalam sel otot. Kontraksi otot, merupakan contoh energi mekanik, yang menghasilkan kerja dengan menggerakkan materi.
Sekian uraian tentang Pengertian Respirasi: Apa itu Respirasi?. Jika ada pertanyaan, saran, kritikan atau apresiasi dapat Anda kirimkan pada kolom komentar. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *