Menu

Pengertian Organ dan Sistem Organ

Pengertian Organ dan Sistem Organ | Apa itu organ? Apa itu sistem organ? Organ adalah kumpulan beberapa macam jaringan yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Organ sering kali tersusun atas jaringan-jaringan yang berbeda. Misalnya, jantung tersusun atas jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah. Struktur organ pada organisme berbeda-berbeda. Semakin tinggi tingkat organisme, semakin sempurna dan kompleks organnya. Gabungan dari organ-organ ini selanjutnya bergabung menjadi satu membentuk sistem organ.
Organ pada tumbuhan terdiri atas:
  • Akar: organ yang bertugas sebagai alat untuk menunjang berdirinya tubuh tumbuhan pada tempat hidupnya, menyerap unsur hara, dan menyimpan cadangan makanan.
  • Batang: organ yang berfungsi untuk menghubungkan antara akar dan daun menegakkan tubuh tumbuhan, dan menyimpan cadangan makanan.
  • Daun: organ yang bertugas sebagai tempat terjadinya fotosintesis, penguapan air, dan pertukaran udara.
Organ hewan dan manusia terdiri dari dan mempunyai fungsi khusus, misalnya:
  • Lidah, hidung, telinga, dan mata sebagai organ indra.
  • Paru-paru sebagai organ pernapasan.
  • Lambung, usus, dan hati sebagai organ pencernaan.
  • Ginjal, kulit, dan paru-paru sebagai organ ekskresi.
Sedangkan, pengertian sistem organ adalah organ-organ yang bekerja sama melakukan fungsi tertentu pada tubuh organisme. Contoh sistem organ, misalnya sistem organ pada manusia antara lain, sistem ekskresi, sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem saraf. Setiap sistem organ saling bekerja sama satu dengan yang lainnya. Jika salah satu sistem terganggu fungsinya, maka sistem yang lain pun akan terganggu. Kerja sama sistem organ akan membentuk suatu organisme.
Sekian uraian tentang Pengertian Organ dan Sistem Organ. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan pada kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *