Menu

Pengertian Meiosis dan Mitosis

Pengertian Meiosis dan Mitosis | Meiosis adalah suatu proses reproduksi sel (perkembangbiakan sel) yang sel keturunannya mewarisi separuh jumlah kromosom induknya, mengandung kromosom 2n, maka sel yang dihasilkan dari reproduksinya adalah mewarisi n kromosom. Peristiwa meiosis, seperti pembentukan sperma oleh jaringan testes, dan pembentukan ovum oleh jaringan ovarium. Hal ini dimaksudkan agar keturunan organisme yang dihasilkan melalui perkembangbiakan kawin akan tetap menghasilkan keturunan yang bersifat diploid (2n kromosom) sehingga tiap generasinya dapat dipertahankan jenisnya.
Pengertian Meiosis dan Mitosis
Pengertian Meiosis dan Mitosis
Sedangkan, pengertian mitosis adalah suatu proses pembelahan atau reproduksi sel yang sel-sel anaknya mewarisi jumlah kromosom yang sama dengan induknya sehingga sifat/karakternya seperti sel induknya. Mitosis terjadi pada perbanyakan sel tubuh yang menyebabkan tubuh semakin besar, pada pembentukan konidiospora pada jamur. Setiap sel tubuh memiliki bentuk kromosom yang selalu berpasangan atau bersifat diploid (disebut 2n kromosom). Perkembangbiakan secara vegetatif menghasilkan keturunan yang persis sama dengan sifat-sifat induknya.

Sekian uraian tentang Pengertian Meiosis dan Mitosis. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *