Menu

Pengertian Letak Astronomis dan Geografis

Pengertian Letak Astronomis | Apa itu letak astronomis? Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan sistem koordinat tertentu. Sistem koordinat merupakan sistem dalam bentuk simbol berupa angka atau huruf yang digunakan untuk menentukan lokasi sebuah tempat. Jadi, letak astronomis dapat pula diartikan sebagai posisi suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur (garis astronomis). Sekarang ini, sistem koordinat yang lazim digunakan dalam penentuan letak astronomis suatu daerah yaitu Sistem Koordinat Latitude Longitude dan Sistem Koordinat UTM. Letak astronomis disebut juga lokasi absolut. Contoh: letak astronomis Indonesia berada pada 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 dejarat BT.

Pengertian Letak Astronomis dan Geografis
Garis Lintang dan Bujur

Sedangkan, pengertian letak geografis adalah letak suatu lokasi dilihat dari bentuk fisik di sekitarnya. Letak geografis dapat pula diartikan sebagai letak suatu daerah ditinjau dari kenyataan pada permukaan bumi. Letak geografis sering juga disebut sebagai lokasi relatif, dimana menggunakan aspek bentuk lahan, waktu, arah, dan jarak dari satu tempat ke tempat lain. Contoh: letak geografis Indonesia berada di antara benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Sekian uraian tentang Pengertian Letak Astronomis dan Geografis. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *