Menu

Pengertian, Jenis, Fungsi Kapasitor

Pengertian, Jenis, Fungsi Kapasitor | Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Resistor, postingan kali ini masih tentang komponen listrik yaitu kapasitor. Dalam suatu rangkaian listrik, kapasitor adalah salah satu komponen listrik yang sering kita temukan. Apa itu kapasitor? Kapasitor atau kondensator adalah komponen listrik yang memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan listrik. Dari pengertian ini, dapat kita lihat fungsi kapasitor yakni untuk menyimpan muatan listrik. Pada prinsipnya, kapasitor terdiri atas dua permukaan konduktor yang dipisahkan oleh suatu bahan isolator sehingga kedua permukaan konduktor tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan listrik. 
Pengertian, Jenis, Fungsi Kapasitor
Lambang Kapasitor
Sekarang ini, ada tiga jenis kapasitor yang banyak digunakan dalam rangkaian listrik, yaitu:
  • Kapasitor kertas. Kertas pada kapasitor ini berfungsi sebagai penyekat di antara kedua pelat logam.
  • Kapasitor variabel. Kapasitor ini digunakan dalam rangkaian penala pada pesawat radio.
  • Kapasitor elektrolit (elco). Kapasitor jenis ini memiliki kapasitansi paling tinggi, yaitu sampai dengan 100.000 pF.
Pengertian, Jenis, Fungsi Kapasitor2
Kapasitor

Kemampuan kapasitor untuk memperoleh dan menyimpan muatan listrik disebut kapasitas kapasitor atau kapasitansi. Satuan kapasitas kapasitor adalah farad (F). Kapasitas suatu kapasitor didefinisikan sebagai perbandingan tetap antara muatan (q) yang tersimpan dalam kapasitor dan beda potensial antara kedua pelat konduktornya (V). Secara matematis, persamaan kapasitas kapasitor dirumuskan:

C = q / v
Dimana; C = kapasitas kapasitor (Farad), q = muatan yang tersimpan dalam kapasitor (Coulomb), dan V = beda potensial antara kedua pelat konduktor (Volt).
Salah satu jenis kapasitor adalah kapasitor keping sejajar. Kapasitor ini terdiri dari dua buah keping metal sejajar yang dipisahkan oleh isolator yang disebut dielektrik. Jika kapasitor ini dihubungkan ke baterai, kapasitor terisi hingga beda potensial antara kedua terminalnya sama dengan tegangan baterai. Jika baterai dicabut, muatan-muatan listrik akan habis dalam waktu yang sangat lama, kecuali jika sebuah konduktor dihubungkan pada kedua terminal kapasitor.
Fungsi kapasitor dalam suatu rangkaian listrik, yaitu:
  • Untuk menyimpan muatan dan energi listrik.
  • Untuk memilih frekuensi pemancar pada pesawat radio.
  • Sebagai perata tegangan dalam catu daya (power supply).
  • Untuk menghilangkan percikan apai pada sistem pengapian mobil.
Sekian uraian tentang Pengertian, Jenis, Fungsi Kapasitor. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Budiharto, Widodo. 2005. Teknik Reparasi PC dan Monitor.  Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *