Menu

Pengertian Fermentasi: Apa itu Fermentasi?

Pengertian Fermentasi: Apa itu Fermentasi? | Istilah fermentasi berasal dari kata Latin Ferment yang berarti “enzim”. Fermentasi adalah suatu proses penguraian zat dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana menggunakan fasilitas enzim pengurai, dan dihasilkan energi. Peristiwa ini sering dilakukan oleh golongan organisme tingkat rendah seperti bakteri dan ragi, sehingga peristiwa ini sering disebut juga peragian, seperti pada pembuatan tape (peuyeum). Pada proses fermentasi, glukosa diubah secara anaerob yang meliputi glikolisis dan pembentukan NAD. Fermentasi menghasilkan energi yang relatif kecil dari glukosa. Fermentasi dibedakan menjadi dua tipe reaksi, yakni fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat.

  • Fermentasi Alkohol: Pada fermentasi alkohol, asam piruvat diubah menjadi etanol atau etil alkohol melalui dua langkah reaksi, langakah pertama dengan pembebasan CO2 dari asam piruvat yang kemudia diubah menjadi asetaldehida, dan langkah kedua dengan reaksi reduksi asetaldehida oleh NADH menjadi etanol. NAD yang terbentuk akan digunakan untuk glikolisis.
Pengertian Fermentasi: Apa itu Fermentasi
Pengertian Fermentasi
  • Fermentasi Asam Laktat: fermentasi asam laktat adalah fermentasi glukosa yang menghasilkan asam laktat. Fermentasi asam laktat dimulai dengan glikolisis yang menghasilkan asam piruvat, kemudian berlanjut dengan perubahan asam piruvat menjadi asam laktat. Pada fermentasi asam laktat, asam piruvat bereaksi secara langsung dengan NADH membentuk asam laktat. Fermentasi asam laktat dapat berlangsung ketika pembentukan keju dan yoghurt.
Contoh proses fermentasi adalah fermentasi asam cuka dilakukan oleh bakteri asam cuka (Lactobacillus aceti) dari bahan alkohol. Fermentasi alkohol dapat dilakukan oleh ragi Saccharomyces dari bahan gula dalam peuyeum.

Sekian uraian tentang Pengertian Fermentasi: Apa itu Fermentasi?, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *