Menu

Pengertian Elastisitas Menurut Fisika

Pengertian Elastisitas Menurut Fisika | Elastisitas adalah sifat yang dimiliki oleh suatu benda (bahan) untuk kembali ke bentuk semula. Suatu benda memiliki batas elastisitas atau kelentingan tertentu. Berdasarkan elastisitasnya, bahan dibedakan menjadi bahan elastis dan bahan plastis. Bahan plastis adalah bahan yang dapat kembali ke bentuk semula jika gaya yang bekerja padanya ditiadakan. Misalnya karet dan pegas. Sedangkan bahan plastis adalah bahan yang tidak dapat kembali ke bentuk semula setelah gaya yang bekerja padanya ditiadakan. Misalnya plastisin, tanah liat, kayu, dan kaca.
Elastisitas bahan bergantung pada jenis bahan. Ditinjau dari segi mikroskopis, elastisitas tergantung dari molekul penyusun dan struktur molekul penyusun bahan. Misalnya, meskipun dua bahan tersusun dari molekul atau unsur yang sama apabila struktur penyusunnya berbeda maka elastisitas dua bahan tersebut berbeda.
Sekian uraian tentang Pengertian Elastisitas Menurut Fisika. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *