Menu

Pengertian Asam dan Basa Kimia

Pengertian Asam dan Basa Kimia | Asam dan basa adalah dua senyawa kimia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian asam adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidronium (H+). Asam umumnya adalah senyawa kovalen dan akan bersifat asam bila sudah larut ke dalam air. Contohnya, gas hidrogen klorida bukan merupakan asam, tetapi bila sudah dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion H+. Dipandang dari jumlah ion yang dihasilkan, jenis asam dibedakan menjadi asam kuat dan asam lemah. Asam kuat adalah asam yang mudah terionisasi dan banyak menghasilkan ion H+ dalam larutannya. Sedangkan, asam lemah adalah asam yang sedikit terionisasi dan menghasilkan sedikit ion H+ dalam larutannya. Contoh asam kuat antara lain HCl. HBr, HI, H2SO4 HNO3, dan HClO4.
Pengertian Asam dan Basa
Pengertian Asam dan Basa
Sedangkan, pengertian basa adalah suatu senyawa yang di dalam air (larutan) dapat menghasilkan ion OH-. Umumnya basa terbentuk dari senyawa ion yang mengandung gugus hidroksida (OH-) di dalamnya. Amonia (NH3) meskipun merupakan suatu senyawa kovalen, tetapi di dalam air termasuk senyawa basa, sebab setelah dilarutkan ke dalam air dapat menghasilkan ion OH-. Berdasarkan daya hantar listriknya, jenis basa dibedakan ke dalam basa kuat dan basa lemah. Basa kuat adalah basa yang terionisasi sempurnya, contohnya KOH, NaOH, Ba(OH)2, dan Ca(OH)2. Sedangkan, basa kuat adalah basa yang hanya sedikit terionisasi dalam air, contohnya NH3 dan Al(OH)3.

Secara umum zat-zat yang berasa masam mengandung asam, contohnya asam sitrat pada jeruk, asam cuka, dan asam semut pada semut. Sedangkan, basa umumnya mempunyai sifat yang licin dan terasa pahit, contohnya sabun. Di laboratorium, asam dan basa secara sederhana dapat dikenali dengan menggunakan kertas lakmus. Dalam larutan asam, kertas lakmus biru akan berubah menjadi warna merah, sedangkan dalam larutan basa kertas lakmus merah akan berubah menjadi warna biru. Larutan asam dan basa adalah contoh dari larutan elektrolit, sehingga di dalam air akan terurai menjadi ion-ionnya.
Sekian uraian tentang Pengertian Asam dan Basa Kimia. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi, dapat Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *