Menu

Pengertian Arus Listrik

Pengertian Arus Listrik | Apa itu arus listrik? Listrik adalah salah satu bentuk energi. Arus listrik dapat didefiniskan sebagai muatan listrik yang mengalir per satuan waktu. Arus listrik terdiri atasdua jenis, yaitu arus listrik searah (DC = Direct Current) dan arus listrik bolak-balik (AC = Alternating Current). Seperti yang disebutkan di awal, bahwa listrik adalah energi. Energi listrik dapat disimpan dalam bentuk energi lain, seperti dalam bentuk energi kimia. Contoh energi listrik yang disimpan dalam bentuk energi kimia adalah accumulator (aki) dan sel kering. Contoh lain bahwa energi listrik dapat disimpan adalah dalam bentuk energi listrik yang tersimpan dalam sebuah kapasitor. Alat untuk mengukur besarnya arus listrik disebut Amperemeter.
Pengertian Arus Listrik
Pengertian Arus Listrik
Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain seperti energi panas, energi cahaya, energi bunyi, energi kinetik (energi gerak), energi kimia, energi magnetik, energi elektromagnetik, energi potensial, dan sebagainya. Arah arus listrik didefiniskan searah dengan arah gerak pembawa muatan positif atau berlawanan arah dengan gerak pembawa muatan negatif (elektron). Namun, meskipun arus listrik memiliki arah, tetapi arus listrik merupakan besaran skalar. Hal ini disebabkan arus listrik adalah hasil kali skalar antara vektor rapat arus dengan vektor luas permukaan. Arus listrik dapat mengalir tidak hanya dalam kawat konduktor saja, tetapi di setiap media yang memungkinkan muatan listrik dapat mengalir. Contoh dalam ruang hampa udara muatan listrik dapat digerakkan baik oleh medan listrik ataupun medan magnet.
Karena itulah, petir pada dasarnya terjadi akibat loncatan muatan listrik positif dari tempat yang berpotensial tinggi ke tempat yang berpotensial rendah dalam waktu yang sangat singkat. Petir mengalirkan muatan listrik yang cukup besar dalam selang waktu yang sangat singkat. Inilah sebabnya, mengapa sehingga arus listrik yang dihasilkan petir luar biasa besar dan dapat menghanguskan media (seperti pohon atau kabel penangkal petir) yang dilaluinya.
Sekian uraian tentang Pengertian Arus Listrik, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *