Menu

Pengertian Website dan Jenis Website

Website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan. Jadi dapat dikatakan bahwa, pengertian website adalah kumpulan halaman-halaman. yang digunakan untuk menampilkani informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan ata gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman. Hubungan antara satu halaman website dengan halaman website lainnya disebut dengan hyperlink, sedangkan teks yang dijadikan media penghubung disebut hypertext. 
Istilah lain yang sering ditemui sehubungan dengan website adalah homepage. Homepage adalah halawan awal sebuah domain. Misalnya, ketika Anda membuka website www.pengertianahli.com, halaman pertama yang muncul disebut dengan homepage, jika Anda meng-klik menu-menu yang ada dan meloncat ke lokasi yang lainnya, disebut web page, sedangkan keseluruhan isi atau conten domain disebut website. Hingga saat ini, website banyak mengalami perkembangan yang begitu cepat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Jenis-jenis website dikelompokkan berdasarkan fungsi, sifat, dan bahasa pemograman yang digunakan.
Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya, antara lain:
  • Website dinamis: website dinamis adalah sebuah website yang menyediakan content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. Contoh website dinamis adalah website berita (www.kompas.com, www.merdeka.com, www.detik.com).
  • Website statis: website statis adalah website yang contentnya sangat jarang diubah. Contoh website statis adalah web profile organisasi.
Jenis-jenis website berdasarkan tujuannya, dibagi menjadi:
  • Personal Website: personal website adalah website yang berisi informasi pribadi seseorang.
  • Corporate Website: corporate website adalah website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
  • Portal Website: portal website adalah website yang mempunyai banyak layanan, mulai dari layanan berita, email, dan jasa-jasa lainnya.
  • Forum Website: forum website adalah sebuah web yang bertujuan sebagai media diskusi.
Jenis-jenis website ditinjau dari bahasa pemrograman yang digunakan, terdiri dari:
  • Server Side Website: adalah website yang menggunakan bahasa pemrograman yang tergantung kepada tersedianya server. Misalnya, PHP, ASP, dan lain-lain. 
  • Client Side Website adalah website yang tidak membutuhkan server dalam menjalankannya, cukup diakses melalui browser saja. Contohnya html.
Sekian uraian tentang Pengertian Website dan Jenis Website, semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Hidayat, Rahmat. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *