Menu

Pengertian Hubungan Internasional

Apa itu hubungan internasional? Hubungan internasional adalah interaksi yang berlangsung antara manusia yang satu dengan manusia yang lain yang berasal dari berbagai bangsa di penjuru dunia. Hubungan internasional sering didefinisikan juga hubungan antarbangsa. Hubungan internasional dapat terjadi dalam bentuk hubungan individual, hubungan antarkelompok, dan hubungan antarnegara. Hubungan internasional antarindividu dan antarlembaga sangat dipengaruhi oleh hubungan antarnegara. Ada tiga jenis pola umum hubungan internasional antarnegara/bangsa dalam dunia internasional, yaitu pola penjajahan (kolonial), ketergantungan, dan sama derajat.
  • Hubungan Internasional Penjajahan: Pola hubungan internasional jenis ini ditandai oleh adanya ketidaksetaraan hubungan antara negara/bangsa yang satu dengan negara/bagsa lainnya. Salah satu pihak berkedudukan sebagai penjajah, sedangkan pihak yang lain sebagai terjajah/tidak merdeka. Hubungan tersebut ditandai oleh penindasan oleh negara/bangsa penjajah terhadap negara/bangsa terjajah.
Pengertian Hubungan Internasional
Hubungan Internasional
  • Hubungan Internasional Ketergantungan: Pola hubungan internasional ini ditandai oleh adanya ketidaksetaraan antara bangsa/negara yang satu dengan bangsa/negara yang lain. Hanya saja, para pihak dalam hubungan tersebut sama-sama merupakan negara/bangsa merdeka secara politik (memiliki pemerintahan sendiri). Meskipun demikian, salah satu pihak tergantung kepada pihak lainnya dalam berbagai bidang (ekonomi, politik, sosia budaya dan pertahanan).
  • Hubungan Internasional Sederajat: Pola hubungan internasional ini ditandai dengan adanya kesetaraan kedudukan antara bangsa/negara yang satu dengan bangsa/negara yang lain. Tidak ada pihak yang menindas/mengeksploitasi. Para pihak bekerjasama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Pola hubungan internasional semacam ini merupakan pola hubungan yang ideal.
Hubungan internasional dianggap penting karena semua negara/bangsa di dunia membutuhkan dan melakukan hubungan internasional. Hal ini disebabkan karena adanya saling ketergantungan (interdependensi) dan saling membutuhkan antarnegara/bangsa. Kondisi interdependensi ini terjadi di berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, maupun pertahanan.
Sekian uraian tentang Pengertian Hubungan Internasional, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *