Menu

Pengertian, Fungsi, Jenis Mouse

Apa itu mouse? Kami yakin Anda sering menggunakannya. Mouse adalah salah satu perangkat yang terpasang pada komputer. Mouse merupakan teknologi alat bantu inputan dari keyboard yang bekerja pada tampilan yang bersifat GUI (Graphical User Interfaces). Artinya, mouse hanya bisa digunakan bila tampilan bersifat grafis atau visual seperti penggunaan mouse pada Windows. Dinamakan mouse karena bentuknya mirip seperti tikus (mouse) yang mempunyai ekor yang diilustrasikan sebagai kabelnya. Meskipun, sekarang ini ada juga jenis mouse yang koneksinya menggunakan teknologi wireless. Dalam bahasa Indonesia, mouse disebut juga dengan Tetikus. Fungsi mouse adalah untuk memasukkan perintah kepada komputer. Cara menggunakannya adalah dengan menggeser-geser mouse tersebut di papan yang datar (mouse pad) dan menekan (klik) pada salah satu dari dua tombol kanan dan kiri.

Pengertian, Fungsi, Jenis Mouse
Pengertian, Fungsi, Jenis Mouse
Jenis-jenis mouse secara umum ada dua, yaitu mouse ball dan mouse optical. Mouse ball merupakan mouse bentuk lama yang menggunakan bola sebagai penggerak atau sensornya. Dan mouse optical merupakan mouse yang mempunyai sensor optik berupa cahaya merah. Sensor mouse optical ini bekerja dengan pantulan cahaya yang ditimbulkan dari alas mouse. Apabila alas berwarna rata, maka kursor mouse akan bergerak normal. Namun sebaliknya, jika warna mouse tidak rata atau alas yang berwarna-warni, maka kursor mouse akan bergerak loncat-loncat. 
Pada umumnya, penggunaan mouse dilakukan dengan tiga cara, yaitu klik, shorcut, dan scroll. Klik digunakan untuk memilih sesuatu, baik tool, menu, ataupun ikon. Shorcut digunakan untuk mengambil jalan pintas memilih menu yang bisa digunaka. Scroll atau pemutar digunakan untuk memposisikan scrollbar atau halaman yang bisa naik dan turun, misalnya kita ingin melihat halama di atas hanya dengan memutar scroll mouse ke depan dan halaman sudah berganti.

Sekian uraian tentang Pengertian, Fungsi, Jenis Mouse, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *