Menu

Pengertian Danau dan Jenis Danau

Pengertian Danau dan Jenis Danau | Danau merupakan suatu badan air yang menggenang dan luasnya mulai dari beberapa meter persegi hingga ratusan meter persegi. Di danau terdapat pembagian daerah berdasarkan penetrasi cahaya matahari. Daerah yang dapat ditembus cahaya matahari sehingga terjadi fotosintesis disebut daerah fotik. Daerah yang tidak tertembus cahaya matahari disebut daerah afotik. Di danau juga terdapat daerah perubahan temperatur yang drastis atau termoklin. Termoklin memisahkan daerah yang hangat di atas dengan daerah dingin di dasar. Berdasarkan hal tersebut jenis-jenis danau dibagi menjadi 4 daerah sebagai berikut:
  • Daerah litoral: Daerah ini merupakan daerah dangkal. Cahaya matahari menembus dengan optimal. Tumbuhannya merupakan tumbuhan air yang berakar dan daunnya ada yang mencuat ke atas perrnukaan air. Komunitas organisme sangat beragam termasukjenis-jenis ganggang yang melekat (khususnya diatom), berbagai siput dan remis, serangga, krustacea, ikan, amfibi, reptilia air dan semi air seperti kura-kura dan ular, itik dan angsa, dan beberapa mamalia yang sering mencari makan di danau.
  • Daerah limnetik: Daerah ini merupakan daerah air bebas yang jauh dari tepi dan masih dapat ditembus sinar matahari. Daerah ini dihuni oleh berbagai fitoplankton, termasuk ganggang dan sianobakteri. Ganggang berfotosintesis dan bereproduksi dengan kecepatan tinggi selama musim panas dan musim semi. Zooplankton yang sebagian besar termasuk Rotifera dan udang-udangan kecil memangsa titoplankton. Zooplankton dimakan oleh ikan-ikan kecil. Ikan kecil dimangsa oleh ikan yang lebih besar, kemudian ikan besar dimangsa ular, kura-kura, dan burung pemakan ikan.
  • Daerah profundal: Daerah ini merupakan daerah yang dalam, yaitu daerah afotik danau. Mikroba dan organisme lain menggunakan oksigen untuk respirasi seluler setelah mendekomposisi detritus yang jatuh dari daerah limnetik. Daerah ini dihuni oleh cacing dan mikroba.
  • Daerah bentik: Daerah ini merupakan daerah dasar danau tempat terdapatnya bentos dan sisa-sisa organisme mati. 
Pengertian Danau dan Jenis Danau
Danau
Jenis-jenis danau juga dapat dikelompokkan berdasarkan produksi materi organiknya, yaitu sebagai berikut.
  • Danau Oligotropik: Danau Oligotropik adalah danau yang dalam dan kekurangan makanan, karena fitoplankton di daerah limnetik tidak produktif.
  • Danau Euitropik: Danau Euitropik adalah sebutan untuk danau yang dangkal dan kaya akan kandungan makanan, karena fitoplankton sangat produktif.
Sekian uraian tentang Pengertian Danau dan Jenis Danau, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *