Menu

Pengertian Blog dan Sejarah Blog

Pengertian Blog dan Sejarah Blog | Blog adalah singkatan dari “Web log”. Blog adalah suatu bentuk aplikasi website yang terdiri dari tulisan-tulisan biasa yang disebut sebagai posting pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan pada blog seringkali dimuat dalam urutan descending berdasarkan tanggal. Secara sederhana, pengertian blog adalah sebagai sebuah website yang berisi catatan harian seseorang. Blog biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan, serta minat si pengguna blog tersebut. Saat ini, blog sudah menjadi kebutuhan bagi orang-orang yang selalu terhubung dengan internet.

pengertian blog
Layanan Blog Blogger
Sejarah blog bermula ketika pertama kali dipopulerkan oleh Blogger yang dimiliki oleh PyraLab dan akhirnya diakuisisi oleh perusahaan Google.com pada akhir tahun 2002. Meskipun memang, belum ada yang bisa memastikan waktu pertama kali munculnya blog. Asumsi yang banyak beredar saat ini, blog pertama yang ada adalah halaman “What’s New” yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Setelah itu mulai muncul website-website personal dan akhirnya pada tahun 1999, muncul website www.blogger.com yang menyediakan fasilitas gratis untuk siapa saja yang ingin membuat blog. Selain blogger, WordPress juga cukup terkenal sebagai layanan blog gratis. Sejak saat itulah pengguna blogger dunia semakin banyak.
pengertian blog
Layanan Blog WordPress
Sejak ditemukannya blog sampai dengan sekarang, jenis blog terus berkembang, yang semula hanya bersifat pribadi kini menjadi lebih beragam, berikut ini jenis-jenis blog yang dapat diklasifikasikan dari sekian banyaknya blog yang ada di internet:
  • Blog politik: Blog yang berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda politik.
  • Blog Pribadi: Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog.
  • Blog bertopik: Blog yang dikhususkan membahasan tentang topik tertentu, misalnya membahasa tentang fotografi, bisnis online, pemrograman, dll.
  • Blog kesehatan: Blog yang membahas tentang informasi seputar kesehatan.
  • Blog sastra: Blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni, baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.
  • Blog perjalanan atau traveling: Blog yang membahas tentan informasi pariwisata bagi para pehobi traveling.
  • dan lain-lain
Sekian uraian tentang Pengertian Blog dan Sejarah Blog, semoga bermanfaat.
Referensi:
  • Oya Suryana, Matamaya Studio. 2008. Membangun Blog WordPress. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *