Menu

Pengertian Algoritma: Apa itu Algoritma?

Kata algoritma diserap dari Bahasa Inggris algorithm. Kata algorithm sendiri sebenarnya bukan dari kata asli bahasa Inggris, melainkan berasal dari kata algorism yang berarti “proses menghitung dengan angka Arab”. Para ahli matematika meyakini bahwa kata algorism berasal dari nama penulis buku berkebangsaan Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi (770-840 M), orang barat melafalkan Al-Khwarizmi sebagai Algorism. Pengertian algoritma adalah logika, metode, dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Algoritma dapat juga diartikan sebagai urutan langkah secara sistematis dan logis. Dalam perkembangannya, algoritma banyak dipakai di bidang komputer.

pengertian algoritma
Pengertian Algoritma (image: dreamstime.com)

Secara spesifik, pengertian algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer. Jadi berdasarkan definisi ini, dapat dikatakan algoritma merupakan langkah penyelesaian suatu masalah yang manghasilkan solusi dalam bentuk program komputer. Namun penting diketahui bahwa algoritma tidaklah tergantung oleh suatu bahasa pemrograman tertentu, artinya suatu algoritma harus dapat diwujudkan oleh bahasa pemrograman komputer apa apun.

Algoritma dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk tulisan/bahasa dan dalam bentuk gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan haruslah menggunakan bahasa yang dapat dimengerti manusia dalam menyajikan langkah-langkah algoritma. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan juga dapat dilakukan menggunakan pseudocode. Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau menyerupai” dan code yang berarti “kode program”. Contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyatakan pseudocode adalah BASIC, Pascal, C, dan lain-lain. Sedangkan, penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.

Sekian uraian tentang Pengertian Algoritma: Apa itu Algoritma?, semoga bermanfaat.

Referensi:

  • Ema Utami dan sukrisno. 2005. 10 Langkah Belajar Logika dan Algoritma menggunakan Bahasa C dan C++ di GNU/Linux. Yogyakarta: ANDI.
  • Kurniawan, Yahya. 2005. Kiat Menguasai Actionscrip 2.0 + Cd. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *