Menu

Pengertian Web Browser Internet

Web browser adalah tool atau alat untuk membuka halaman web di WWW. Browser pertama di dunia yang banyak digunakan orang adalah Mosaic. Pada tahun 1994, Mosaic mulai ditinggalkan orang dan digantikan dengan Netscape Navigator. Hingga kemudian mulai digeser oleh Internet Explorer hingga sekarang. Selain internet Explorer, ada lagi web browser yang semakin hari semakin terkenal, yaitu Mozilla Firefox yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator. Jenis-jenis Web browser lainnya seperti Safari, Opera, dan Google Crome. Web browser memungkinkan user untuk melihat dan berinteraksi dengan halaman web dengan cara mengklik link, baik berupa teks maupun gambar. Web browser membuat user dapat mengakses informasi dengan cepat dan pergi ke halaman web lain dengan mengklik link-link yang ada.
Pengertian Web Browser
Ada banyak browser yang bisa digunakan saat ini. Misalnya, yang paling sering kita gunakan adalah Mozilla Firefox karena memiliki fitur yang lengkap dan lebih aman. Web browser jenis ini juga telah menyediakan paket firefox dalam bahasa Indonesia sehingga mempermudah user ketika melakukan aktivitas browsing meskipun kurang memahami bahasa Inggris. Berikut ini penjelasan singkat cara menggunakan Web Browser:
  • Aktifkan browser yang Anda pakai
  • Isikan alamat URL dari halaman web yang akan di akses di kota Address bar atau dalam bahasa Indonesia dinamakan bilah alamat, misalnnya www.pengertianahli.com.
  • Tekan tombol Enter. Maka, halaman web yang mengacu ke URL tersebut akan dibuka.
  • Di bagian Titlebar browser muncul judul halaman, sementara di bagian area kerjanya muncul halaman web yang bersangkutan.

Sekian uraian tentang Pengertian Web Browser Internet. Silahkan baca pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *