Menu

Pengertian Usaha dalam Fisika

Pengertian Usaha dalam Fisika | Kata “usaha” dalam kehidupan sehari-hari mempunyai pengertian yang berbeda dengan pengertian dalam fisika. Dalam kehidupan sehari-hari, usaha sering diartikan sebagai kegiatan yang melibatkan otot. Di dalam fisika, pengertian usaha tidak harus selalu berhubungan dengan otot, tetapi resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda sehingga benda bergerak dan terjadi perpindahan posisi berarti gaya telah melakukan usaha benda. Usaha merupakan besaran skalar yang didefenisikan sebagai perkalian antara besarnya perpindahan benda dengan komponen gaya yang searah dengan perpindahan tersebut. Dalam fisika, rumus usaha adalah:
W = F.s (F = Gaya dan s = Perpindahan)
Satuan usaha adalah N.m atau joule, untuk menghormati James Prescott Joule (1818 – 1889). Dalam cgs usaha adalah dyne, nilai 1 dyne = 10^-7 joule.
Pengertian Usaha
Usaha bisa bernilai nol jika benda diberi gaya tetapi benda tidak bergerak atau dapat juga bernilai nol jika gaya yang diberikan sama dengan nol. Orang yang mendorong tembok yang sangat kuat dikatakan tidak melakukan usaha meskipun orang tersebut sampai berkeringat untuk melakukan ini. Orang yang mendorong truk yang sangat berat (sehingga truk tidak bisa bergerak) dikatakan melakukan usaha yang bernilai nol. Usaha juga bernilai nol apabila gaya yang diberikan tegak lurus dengan perpindahan. Untuk membawa orang, kuda tidak memerlukan usaha meskipun untuk berjalan kuda melakukan usaha. Hal ini disebabkan saat membawa orang, kuda memberi gaya yang arahnya ke atas sedangkan perpindahan yang terjadi arah mendatar.
Usaha juga bernilai nol jika nilai gaya sama dengan nol. Orang yang mendiamkan saja mobil yang ada di sampingnya tentu saja tidak bisa kita katakan orang tersebut melakukan usaha. Usaha bernilai negatif apabila gaya yang diberikan berlawanan dengan perpindahan benda. Orang yang mendorong mobil ke belakang padahal mobil bergerak ke depan dikatakan orang tersebut melakukan usaha yang nilainya negatif dan dikatakan orang mobil yang memberi usaha pada orang.
Sekian uraian tentang Pengertian Usaha dalam Fisika. Silahkan lihat Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *