Menu

Pengertian TCP/IP: Apa itu TCP/IP?

TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer (network) yang digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar data antarkomputer. TCP/IP merupakan protokol standar pada jaringan internet yang menghubungkan banyak komputer yang berbeda jenis mesin maupun sistem operasi agar dapat berinteraksi satu sama lain. Karena TCP/IP merupakan protokol yang telah diterapkan pada hampir semua perangkat keras dan sistem operasi, maka rasanya tidak ada rangkaian protokol lain yang begitu powerfull kemampuannya untuk dapat bekerja pada semua lapisan perangkat keras dan sistem operasi.
Pengertian TCP/IP
Sejarah TCP/IP berawal dari kebutuhan DoD (Departemen of Defense) USA akan suatu komunikasi di antara berbagai variasi komputer yang telah ada. Komputer-komputer DoD ini seringkali harus menghubungkan antara satu organisasi peneliti dengan organisasi peneliti lainnya. Komputer tersebut harus tetap berhubungan karena terkait dengan pertahanan negara dan sumber informasi harus tetap berjalan meskipun terjadi bencana alam besar, seperti ledakan nuklir. Oleh karena itu dimulailah penelitian terhadap serangkaian protokol TCP/IP. 
Protokol TCP/IP dikembangkan lebih lanjut pada awal 1980 dan menjadi protokol standar untuk ARPAnet pada tahun 1983. Protokol ini mengalami peningkatan popularitas di komunikasi pemakai ketika TCP/IP dapat diimplementasikan dengan sangat baik pada versi 4.2 BSD (Berkeley Standar Distribution) UNIX. Versi ini digunakan secara luas pada institusi penelitian dan pendidikan serta digunakan sebagai dasar dari beberapa penerapan UNIX komersial, termasuk SunOS dari Sun dan Ultrix dari Digital.
Sekian uraian tentang Pengertian TCP/IP: Apa itu TCP/IP?. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *