Menu

Pengertian Tata Surya dan Anggota Tata Surya

Pengertian Tata Surya dan Anggota Tata Surya | Tata surya (solar system) adalah kumpulan (susunan) dari matahari, planet, asteroid, komet, satelit, meteor, dan debu ruang angkasa dengan matahari sebagai pusat peredarannya. Pusat tata surya adalah matahari, hal ini sesuai dengan teori heliosentris, yakni teori yang menyatakan bahwa planet-planet bergerak mengelilingi matahari. Teori ini dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus, seorang astronom Polandia. Teori heliosentris mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa bumi sebagai pusat tata surya dan planet-planet bergerak mengitarinya. Anggota-anggota tata surya terdiri dari:
  • Matahari: Matahari merupakan bintang dan sebagai pusat tata surya serta dikelilingi planet-planetnya. Matahari dianggap sebagai bintang sejati.
  • Planet:  Planet adalah bintang yang beredar dan gerakannya membentuk garis elips dan beredar mengelilingi matahari. Nama-nama planet anggota tata surya (mulai dari terdekat matahari); Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranis, dan Neptunus.
  • Asteroid: Asteroid adalah gugusan (kumpulan) benda-benda kecil seperti planet yang beredar mengelilingi matahari, dan terletak di antara lintasan planet Jupiter dan planet Mars.
  • Komet: Komet atau bintang berekor adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar (orbit) yang bentuknya sangat lonjong. Contoh komet antara lain; Komet Halley, Komet Encke, Komet Brooks, dan Komet Cogging Stephen.
  • Satelit: Satelit adalah benda langit yang beredar mengelilingi planet dan berotasi di sumbu atau porosnya. 
  • Meteor: Meteor adalah benda langit yang berpijar akibat gesekan dengan atmosfer bumi dengan kecepatan yang tinggi. Meteorit adalah meteor yang jatuh ke bumi.
Pengertian Tata Surya
Sekian uraian tentang Pengertian Tata Surya dan Anggota Tata Surya. Baca juga Kumpulan Pengertian lainnya disini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *