Menu

Pengertian Rekayasa Genetik

Pengertian Rekayasa Genetik | Rekayasa genetika adalah suatu usaha memanipulasi sifat genetik suatu makhluk hidup hidup untuk menghasilkan makhluk hidup yang memiliki sifat yang diinginkan. Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan menambah, mengurangi, atau menggabungkan dua materi genetik (DNA) yang berasal dari dua organisme berbeda. Hasil penggabungan dua materi genetik yang berasal dari dua organisme yang berbeda disebut DNA rekombinan. Organisme hasil dari rekayasa genetika disebut organisme transgenik. Di bidang pertanian telah banyak dilakukan rekayasa genetik untuk menghasilkan tanaman unggul yang dapat meningkatkan produktivitas pangan, di antaranya:
  • Beberapa perusahaan bioteknologi di Eropa dan Amerika Serikat telah mengembangkan varietas kapas yang membawa gen bakteri yang akan membuat tanaman tersebut resisten terhadap herbisida (pestisida pembasmi gulma). Dengan demikian, ketika disemprot dengan herbisida hanya gulma di sekitar tanaman kapas yang mati.
  • Sejumlah tanaman pangan telah direkayasa agar resisten terhadap hama serangga. Menumbuhkan tanaman yang kebal terhadap hama serangga. akan menurunkan penggunaan insektisida kimiawi pada tanaman tersebut.
Sekian uraian tentang Pengertian Rekayasa Genetik, semoga bermanfaat.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *